TIPS MEMILIH INDIAN STAR: KARAPAKS PIRAMIDAL BERCORAK TEBAL

KARAPAKS BERBENTUK PYRAMID DIHIASI POLA BINTANG KUNING PEKAT MENJADI CIRI KHAS INDIAN STAR BERKUALITAS.

Tak sekadar sehat dan lincah yang menjadi acuan memilih Indian star.  Sosok kura-kura juga harus cantik dan berproporsi ideal.

Kenali lebih dulu jenisnya. Ada dua jenis kura-kura bintang yang banyak dijual di pasar.  Indian star dan srilangka star. 

Keduanya bertampang serupa.  Namun berasal dari daerah berbeda.  Indian star berasal dari India sedangkan srilanka star adalah kura-kura dari Srilangka. 

Harga srilangka star lebih mahal dibanding Indian star.  Corak bintang srilanka star berwarna kuning pekat.  Hal itu yang membuat srilangka star dijuluki Indian star hi yellow.

Burmese Paling Top
Indian star paling berkualitas sering juga disebut Burmese Indian star.  Pola bintang di karapaksnya sambung menyambung tak terputus.  Sementara Indian star biasa memiliki pola bintang yang terputus-putus. 

Perbedaan lain bisa dilihat pola yang berada di bagian dada.  Burmese dadanya berpola mirip kura-kura radiata.  Sedangkan indianstar punya pola bintang-bintang.

Harga Burmese berukuran diameter karapaks 13 – 15 cm mencapai Rp 8 juta.  Sedang  Indian star yang seukuran  dijual seharaga Rp 4 juta.  Bagi pemula, dianjurkan memilih Indian star biasa.  Sedangkan pehobi yang sudah mumpuni silakan mengoleksi Burmese.

Indian star termasuk jenis kura-kura pemalas.  “Orang yang ga tahu mengira kura-kura ini sakit.  Makan dan tidur melulu kerjaannya,” tutur Lyna Koeswara pehobi reptil di Jakarta Pusat.  Wanita yang akrab dipanggil Lyna itu  juga menyarankan agar calon pembeli mencermati bagian hidung dan mata indian star.  “Kalau sedang sakit biasanya hidungnya meler. Matanya juga berair,” tuturnya.  Jangan ragu memijit pelan-pelan hidung indian star.  Tujuannya untuk memastikan apakah kura-kura tersebut sedang pilek atau tidak.

Indian star yang sehat terlihat sering makan.  Bila suhu di sekitarnya panas, kura-kura bintang ini akan segera aktif bergerak.  Kotoran yang encer menandakan Indian star sedang sakit. “Penyakit cacing paling sering membuat gangguan perut,” kata Lyna sambil menunjukkan beberapa indian star yang sedang dikarantina karena sakit.

13 Pola Bintang
Pilih indian star berkarapaks bulat.  Bila kura-kura tersebut diterlentangkan akan kesulitan membalik badanya ke posisi normal.  Sebaliknya, Indian star berkarapak tidak bulat alias gepeng, sangat mudah kembali ke posisi semula bila diterlentangkan.

Karapaks juga harus memiliki tonjolan-tonjolan berbentuk piramid yang proporsional dan rapi.  Kelainan tonjolan sering diderita oleh indian star yang terlalu banyak mengkonsumsi pakan berkandungan protein tinggi. 

Tonjolan-tonjolan piramidnya terlalu tinggi dan tidak rapi.  Meskipun harganya jauh lebih mahal dibanding Indian star biasa, Burmese umumnya tidak memiliki piramid di karapaksnya.

Pola bintang juga turut menentukan kualitas.  Pilih Indian star berpola bintang tebal dan berwarna kuning.  Indian star normal memiliki jumlah pola bintang sebanyak 13 buah. Jumlah bintang lebih dari 13 tergolong langka. Harganya mahal.  Tapi susunan bintang harus tetap simetris dan rapi.

Agar tidak mudah mati, disarankan membeli Indian star yang ukuran karapaksnya lebih dari 5 cm.  Di bawah ukuran tersebut, indianstar masih memiliki tali pusar.  Itu artinya masih terlalu muda.  Kondisinya belum kuat dan masih mudah sakit.

 Asyiknya berhobi Indian star  (orangtuaidaman.com)

Merawat Indianstar Usai Dibeli

Usai dibeli, Indian star ditaruh dalam wadah kaca atau akuarium.  Di bagian bawahnya diberi alas Koran.  Agar suhu bisa tetap hangat, kandang itu dilengkapi dengan lampu.  Suhu harian yang dibutuhkan berkisar antara 30 – 34°C.  Pakan yang disuguhkan sama dengan pakan yang diberikan saat Indian star masih di toko.  Sebelum membeli ada baiknya menanyakan menu pakan yang biasa diberikan. 

Setiap 2 hari sekali Indian star direndam dalam air hangat selama 5 – 10 menit.  Jangan lupa membersihkan karapaksnya dengan bantuan sikat gigi.  Usai dimandikan, Indian star dijemur di bawah sinar matahari pagi.  Dilakukan pada pukul 9 – 10.   Perendaman hanya sebatas anus saja dan jangan sampai air terlalu dalam.  Tujuannya supaya Indian star mudah membuang kotoran. 

Gambar: factzoo.com


SIMAK JUGA ANEKA REPTIL INI

TIPS MERAWAT BATOK KURA-KURA: SEHAT LUAR – DALAM

TIPS MERAWAT BATOK KURA-KURA: SEHAT LUAR – DALAM

Teguh Jiwa BrataJan 11, 20224 min read

ORANGTUA IDAMAN – Batok kura-kura tampil menawan bukan…

MENETASKAN BEARDED DRAGON: BEDAH CESAR KULIT TELUR

MENETASKAN BEARDED DRAGON: BEDAH CESAR KULIT TELUR

Teguh Jiwa BrataDec 20, 2021

ORANGTUA IDAMAN. Selain mudah dilakukan, bedah cesar telur…

HELMETED GECKO: TOKEK IMUT BERKEPALA HELM

HELMETED GECKO: TOKEK IMUT BERKEPALA HELM

Teguh Jiwa BrataJan 8, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Setelah aneka corak leopard gecko…

BEGINI TIPS MENANGKARKAN RED EARED SLIDER

BEGINI TIPS MENANGKARKAN RED EARED SLIDER

Teguh Jiwa BrataJan 6, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Mudah. Itulah kesan yang tertangkap…

PLUMED BASILIK: KADAL UNIK LIHAI BERJALAN DI AIR

PLUMED BASILIK: KADAL UNIK LIHAI BERJALAN DI AIR

Teguh Jiwa BrataJan 6, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Bertabur keistimewaan. Itulah kalimat yang…

Load More

RAGAM SATWA RUMAHAN

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!