YUK MENGENAL LAUT LEBIH DALAM

ORANGTUA IDAMAN – Dua pertiga bagian dari bumi adalah lautan. Jika kamu terbang ke luar angkasa, bumi nampak berwarna biru. Itu disebabkan perariran lebih luas daripada daratan.

Bumi punya 4 samudera. Yaitu samudera Pasifik, Atlantik, Hindia, Antartika, dan Artik. Samudera adalah lau yang luas.

Empat samudera itu mengelilingi daratan atau benua. Beberapa negara keempat sisi arah mataanginnya diapit oleh laut. Misalnya Indonesia, Jepang, dan Inggris.

Ada pula negara yang sama sekali tidak diapit oleh laut. Contohnya yaitu Swiss dan Nepal.

Air laut rasanya asin karena mengandung garam dan mineral dalam jumlah yang banyak.

Darimana Alasnya Garam?
Saat bumi terbentuk, seringkali terjadi hujan. Air hujan akan meresap ke dalam tanah. Sejumlah air juhan juga akan mengalir ke sungai-sungai hingga akhirnya mencapai laut.

Selama dalam perjalanan menuju laut, air dari daratan melarutkan garam-garam mineral bebatuan yang dilewati. Kemudian membawanya sampai di laut.

Akibatnya, laut dipenuhi param-garam mineral tersebut. Air laut pun bercitarasa asin. 

Laut menyimpan sumber dayanalam masa dpoan dalam jumlah banyak. Salah satunya yaitu beraneka macam jenis mahluk hidup. Contoh, plankton, rumput laut, ikan, dan lainnsebagainya.

Mengapa Ada Ombak?
Air laut senantiasa berombak. Umumnya, pada malam hari kondisi ombak lebih tenang dibandingkan pada saat  siang hari. Mengapa demikian? Ada beberapa penyebab terbentuknya ombak.

1. Tiupan Angin
Di sekitar laut tidak terdapat gunung atau pepohonan. Sehingga angin bertiup lebih kencang. Tiupan angin mengakibatkan gerakan permukaan air atau ombak.

Angin terjadi akibat perbedaan dan perubahan suhu udara. Pada saat malam hari, suhu udara cenderung lebih stabil dibandingkan suhu udara pada siang hari. Sehingga angin pada malam hari lebih sedikit bila dibandingkan pada siang hari.

2. Gravitasi Universal
Adanya gravitasi unuversal di antara Bumi, Bulan, dan Matahari. Bumi berotasi, mengakibatkan salah satu muka bumi menghadap ke arah benda langit tertentu. Misalnya ke arah bulan.

Hal itu mengakibatkan muka bumi yang berhadapan itu terkena gaya gravitasi bulan. Sehingga air laut tertarik menuju daerah tersebut. Sementara di belahan bumi yang lain air lautnya surut.

Kondisi pasang dan surutnya air laut mengakibatkan terjadinya ombak.

3. Terjadinya Tsunami
Tsunami adalah gelombang air laut yang sangat besar. Terjadi akibat pergerakan  atau getaran dasar laut. Misalnya yaitu gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Sekarang kamu sudah mengenal laut, yuk berekreasi ke pantai! (orangtuaidaman.com)

error: Content is protected !!