Mammalia

PENITIPAN HEWAN: TELITI SEBELUM & SESUDAH DITITIPKAN

MEMILIH TEMPAT PENITIPAN HEWAN BERKUALITAS ITU WAJIB. YANG TAK KALAH PENTING ADALAH CEK KESEHATAN SEUSAI DITITIPKAN.

Seperti biasa, menjelang libur panjang, tempat penitipan hewan Ppasti ramai. Banyak pemilik hewan mengisi liburan dengan pergi ke luar kota.

Tak sedikit dari mereka lantas menitipkan satwa kelangenanya di tempat penitipan.

Tapi ingat, sebelum hewan dititipkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. “Syarat Pertama, hewan harus sudah di vaksin lengkap. Syarat Kedua, harus bebas kutu,” ucap Henny pengelola penitipan hewan di kawasan Serpong.

Syarat itu diberlakukan karena Ia tidak mau menanggung risiko anjing yang dititipkan saling menularkan penyakit dan parasit.

Lain halnya dengan RS Hewan IPB. Pihaknya menerima hewan peliharaan apa adanya. Baik dalam keadaan sakit atau sehat. “Kita punya dua fasilitas. Rawat inap sehat atau rawat inap sakit. Tinggal terserah pemilik hewan tersebut mau memilih yang mana,” terang Vina.

Bagi hewan yang dititipkan dalam keadaan sakit, pihaknya bersedia merawat sambil mengobati. Peralatan dan tenaga dokter sudah disediakan.

Dibuat Nyaman
Supaya terhindar dari stres, Henny berusaha hewan  yang dititipkan merasa nyaman seperti di rumah sendiri.

Sebelum dititipkan, ia meminta pemilik hewan (khususnya anjing) mengisi formulir. Memyantumkan berbagai kebiasaan, pola makan, jadwal buang air besar, dan permainan yang disenangi.

“Dengan kita tahu kebiasaan si anjing, kita berharap anjing tersebut merasa di rumahnya sendiri dan nyaman,” terang Henny.

Bukan itu saja, benda-benda kesayangan anjing perlu dibawa ke tempat penitipan. Misalny, tempat makan, tempat minum atau baju si pemiliknya.

“Dengan bau baju si pemiliknya, kita mengusahakan agar si anjing merasa ini adalah rumahnya,” cetus pemilik mobil salon khusus hewan ini.

Soal paka dan dokter hewan langganan juga harus diketahui. Pihaknya menyediakan pakan yang biasa dikonsumsi oleh anjing. Begitu juga, saat anjing sakit, kalau bisa yang mengobati adalah dokter yang biasa mengobati peyakitnya.

“Terkecuali, kalau si pemiliknya tidak memberikan nama dokter dan telepon yang bisa dihubungi. Kami akan menggunakan, dokter hewan yang menjasi rekanana kami.” Dengan begitu, si anjing terhindar dari stres, akibat pindah tempat.

Di RS Hewan IPB, benda-benda kesenangan anjing tidak harus diperlukan. “Terserah pemiliknya. Kalau dia ingin benda-benda kesayangan si anjing ikut dibawa di tempat penitipan, kami akan menerimanya. Tapi kalau tidak, yah tidak apa-apa,” papar Vina.

Kalaupun ada anjing yang stres ketika dititipkan, itu tak masalah. “Paling stresnya cuma sebentar. Kalau dia sedang stres, biasanya cukup kita diamkan aja. Lama-lama juga entar dia biasa lagi,” tambah Vina.

Jangka waktu penitipan, disesuaikan dengan keinginan pemilik. Di Happy pets dog & cats hotel, waktu penitipan minimum 3 hari. Maksimumnya bebas, terkadang malah, bila sedang musim liburan sampai 2 bulan, hewan tersebut dititipkan. Tapi rata-rata, hanya 10 hari pemilik hewan menitipkannya.

“Kalau disini, rata-rata 2 minggu. Walaupun ada yang nitipin sampi 6 bulan lamanya,” papar Vina, yang sehari-hari bekerja dibagian administrasi RS Hewan IPB, Bogor (orangtuaidaman.com).



SATWA RUMAHAN

BURUNG KENARI: MENU SEHAT BAGI INDUK MENGERAM

BURUNG KENARI: MENU SEHAT BAGI INDUK MENGERAM

Teguh Jiwa BrataSep 6, 20232 min read

KUTERCUKUPAN ASUPAN PAKAN BERGIZI & KANDANG BERSIH MENJADI FAKTOR UTAMA BAYI KENARI MENETAS SEHAT PUN SELAMAT. Rata-rata, seekor induk kenari menghasilkan 2 – 3 butir telur. Setelah itu ia segera mengerami telur-telurnya itu. Menu bermutu harus dipersiapkan untuk induk kenari…

BURUNG KENARI: TIPS JITU 7 MENIT MENJADI PENGHULU KENARI

BURUNG KENARI: TIPS JITU 7 MENIT MENJADI PENGHULU KENARI

Teguh Jiwa BrataSep 6, 20234 min read

TAK BUTUH WAKTU LAMA SUKSES MENJODOHKAN KENARI. CUKUP 7 MENIT MEMBACA TIPS INI LALU MENCOBANYA. Proses penjodohan burung kenari diawali dengan perkenalan antara pejantan dan burung betina. Berbeda dengan manusia…

BURUNG KENARI: TIPS MEMASTER AGAR BERSUARA PATEN

BURUNG KENARI: TIPS MEMASTER AGAR BERSUARA PATEN

Teguh Jiwa BrataSep 6, 20234 min read

MESKIPUN SUDAH MAHIR BERNYANYI SEPERTI MASTER, NYANYIAN KENARI BISA KEMBALI KE SUARA ASLI. TAK INGIN SEPERTI ITU? KUY SIMAK TIPS BERIKUT. Anak kenari yang akan dilatih bernyanyi setidaknya sudah disapih.…

RITUAL KAWIN PERKUTUT BANGKOK: DARI NYANYIAN KUK KUK OWER, SAMPAI TARIAN EROTIS

RITUAL KAWIN PERKUTUT BANGKOK: DARI NYANYIAN KUK KUK OWER, SAMPAI TARIAN EROTIS

Teguh Jiwa BrataSep 4, 20234 min read

KUK KUK OWER… KUK KUK OWER… NYANYIAN PERKUTUT SAAT SUDAH BERJODOH. SEMBARI MENDENDANGKAN TARIAN EROTIS PERKAWINAN. Ritual perkawinan perkutut itu unik. Berbeda dengan ayam, perkutut jantan tak terburu-buru menaiki betina…

KATURANGGAN PERKUTUT: TAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN KEBERUNTUNGAN PEMILIK

KATURANGGAN PERKUTUT: TAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN KEBERUNTUNGAN PEMILIK

Teguh Jiwa BrataSep 2, 20235 min read

JANGAN SALAH LAGI YA, KATURANGGAN ITU BERBEDA DENGAN CIRI MATHI. BIAR ENGGAK BINGUNG YUK DISIMAK… Katuranggan sering disalah artikan sebagai ciri mathi. Padahal,katuranggan tak ada sangkut pautnya dengan nasib malang…

error: Content is protected !!