TES BAKAT ANJING: JANGAN BINGUNG MEMILIH ANJING

SATWA MAMALIA – Calon penggemar tentu ingin memiliki anjing cerdas, pemberani tapi penurut.  Bakat serta sifat anjing bisa diketahui sejak masih kecil. 

Sesampainya di pet shop atau farm, hobiis sering jadi semakin ragu.  Ia akan kian  bingung saat dihadapkan dengan beranekaragam pilihan jenis anjing dengan tabiat yang berlainan.

Anjing Cerdas Rajin Beraktifitas
Menurut Jose pemilik Q’irique Land bakat dan sifat anjing sudah bisa diketahui sejak umur 7 bulan.  Namun biar lebih aman sebaiknya Anda membeli anjing yang sudah berusia 10 tahun.  Sebab pada usia tersebut karakter dan kemampuan anjing lebih gampang ditebak. 

Tiap jenis anjing punya tingkat kecerdasan yang berbeda.   Umumnya trah sporting dog memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik bila dibanding trah toy dog.  Walau  demikian, jenis atau trah yang hendak dipilih tetap harus sesuai dengan kondisi rumah.   Artinya, kalau rumah kita kecil berarti kita tak mungkin memelihara trah sporting dog yang berbadan gede.  Meskipun anjing seperti itu memiliki tingkat kecerdasan seperti yang kita inginkan.

Mekipun masih dalam satu trah yang sama, kecerdasan anjing bisa berbeda.  Agar tak salah pilih, kita harus mengetahui ciri-ciri anjing berbakat.  Aktifitas, kecepatan merespon rangsangan, dan ciri fisik bisa digunakan sebagai patokan saat memilih anak anjing.

Anjing cerdas biasanya aktif bergerak.  Saat berkumpul dengan kawan-kawannya ia akan nampak sering bercanda.  Ia akan  segera menanggapi setiap ajakan bermain yang berasal dari kawannya.

Pada kasus tertentu anjing cerdas akan nampak tak aktif.  Hal itu mungkin disebabkan karena Si anjing kecil lagi sakit.  Umumnya anjing sakit akan menyendiri dan menjauh dari kawan-kawannya.  Jadi Anda harus bisa membedakan antara anjing sakit dengan anjing yang tak cerdas.  Anjing tak cerdas akan nampak sedikit beraktifitas meskipun ia berada dalam kerumunan anjing-anjing lain.

Selain itu anjing cerdas akan cepat memberi tanggapan pada setiap rang sang yang kita berikan.  Ia akan penasaran dengan benda-benda asing yang kita sodorkan kepadanya.  Saat memilih anjing, Anda bisa memakai bola kecil untuk mengetahui tingkat respon anjing yang akan Anda pilih. Lemparkanlah bola tersebut ke arah kumpulan anjing.  Pilih anjing yang mengejar bola tadi.

Walaupun tingkat keakuratannya tidak sampai seratus persen, ciri fisik juga bisa dipakai sebagai penentu kecerdasan anjing. Pengalam Jose membuktikan bahwa anjing dengan bola mata berwarna cerah biasanya punya tingkat kepintaran yang lebih baik daripada anjing berbola mata gelap.  Semisal trah Herder dengan warna bola mata kuning lebih cerdas bila disbanding herder dengan bola mata berwarna kuting tua dan cokelat.

Jangan Pilih yang Ugal-ugalan

Bakat penurut atau galak juga bisa diketahui sejak anjing masih kecil.  Anak anjing yang bergurau dengan kawannya secara kasar menandakan anjing tersebut punya bakat galak. Cara lain untuk mengetahui tingkat emosional anjing yaitu dengan jalan menggoyang-goyang wadah pakan ketika anjing sedang makan.  Jika ia marah berarti anjing tadi bertemperamen tinggi alias gampang berang.

Temperamen anjing juga dipengaruhi oleh situasi lingkungan sekitar.  Anjing akan menjadi mudah naik pitam jika sering digoda.  Selain itu anjing yang terlalu dimanja juga bisa jadi galak.  Pasalnya ia akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang terlalu besar sehingga menjadi ugal-ugalan.  “Anjing seperti itu digoda sedikit saja akan menggonggong. Jika kita tidak tanggap maka ia akan taksegan-segan memberi bonus gigitan kepada kita,”terang Pria humoris tersebut.

Anjing juga ada yang punya bakat jadi penakut.  Sifat seperti ini juga bisa dilihat saat ia masih kecil.  Caranya gampang.  Anda bisa memakai benda yang bisa mengeluarkan suara berisik.  Semisal kaleng pakan.  Angkatlah benda tersebut lalu jatuhkan di depan sekawanan anjing yang hendak kita pilih.  Anjing penakut akan lari mundur menjauhi kaleng.  Sedangkan anjing pemberani dan cerdas justru akan mendekati kaleng penuh rasa penasaran.

Anjing penakut harus mendapat kasih sayang yang lebih.  Ia harus sering dipegang, dibelai dan digendong.  Perlakuan seperti itu bisa menambah rasa percaya diri pada anjing tersebut. 

Nah, sekarang tentunya Anda sudah tak bingung lagi saat memilih anak anjing.  Jangan lupa tanyakan sertifikatnya (orangtuaidaman.com).

INFO
Betina Lebih Penurut

Jenis kelamin juga berpengaruh terhadap sifat anjing.  Umumnya anjing betina lebih setia dan penurut bila dibanding anjing jantan.  Saat mencium aroma lawan jenisnya, anjing jantan tak akan lagi menggubris perintah tuannya.


RAGAM SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA

One thought on “TES BAKAT ANJING: JANGAN BINGUNG MEMILIH ANJING

Comments are closed.

error: Content is protected !!