Perkembangan Mental Anjing: Cermati dan Latih Segera

SEJAK KECIL SAMPAI DEWASA EMOSI ANJING BERUBAH-UBAH. AMATI DAN PAHAMI PERKEMBANGANNYA.

Sifat anjing dipengaruhi ketepatan mendidiknya.  Sifat yang familiar, galak atau bahkan culas semuanya tergantung perlakuan Anda. 

Umumnya penyayang anjinh lebih senang memelihara anjing yang masih kecil.  Selain karena lucu, anjing  muda relatif lebih gampang dididik sesuai keinginan kita. 

Anjing dewasa lebih mudah berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.  Namun berbagai kebiasaan sudah mendarah daging.  Sehingga susah diubah. 

Menurut Jose, penangkar sekaligus pelatih anjing di Jakarta, selain umur, jenis kelamin serta ras juga turut berpengaruh terhadap karakter. 

Anjing betina lebih mudah diatur dan gampang berdisiplin ketimbang anjing jantan. 

Perkembangan mental anjing
Anjing yang baru dilahirkan atau berusia 1 – 2 minggu bersifat sensitif dengan perubahan lingkungan.  Sepanjang hari bayi anjing ini hanya akan tidur melulu.  Mata mereka masih tertutup. 

Telinganya pun belum bisa digunakan untuk mendengarkan. Mereka sangat tergantung pada induknya.

Pada usia 3 – 4 minggu anak anjing mulai memasuki masa transisional.  Pada tahap ini anjing mengalami perkembangan mental.  Mereka lebih mandiri.  Anjing seumuran ini mulai belajar menggonggong. 

Selain itu mereka juga mulai mempelajari segala sesuatu yang berada di dekat mereka.

Karakter Tiap Ras Anjing

1.     Beagle
Berjiwa pemburu sehingga suka menggonggong.  Selain itu anjing ini juga memiliki rasa ingin tahu yang besar.  Awasi selalu tingkah lakunya.  Agar ia tidak celaka.

2.     Border Collie
Sangat cocok jika hendak digunakan sebagai anjing gembala.  Sebab anjing ini patuh, setia terhadap majikan.  Namun sebaliknya ia akan selalu waspada terhadap orang yang belum dikenalnya.

3.      Collie
Anjing ini memilik perilaku yang selalu waspada, responsif dan tidak agresif.  Ciocok jika hendak digunakan sebagai anjing keluarga.

4.      Golden Retriever

Anjing ini merupakan ras yang memiliki daya penciuman paling baik.  Ia cocok jika hendak digunakan sebagai anjing pelacak, penunjuk jalan.  Ia sangat familiar dan mudah bergaul dengan manusia maupun binatang di sekitarnya.

5.      Labrador Retriever
Mirip seperti ras Golden Retriever, anjing ini cocok juga jika hendak digunakan sebagai anjing pelacak.  Selain itu Labrador Retriever juga tidak takut air sehingga  ia bisa dilatih berenang.

(Sumber : The Dog Book)

Perkembangan mental lebih menjadi pesat pada waktu anjing berumur 5 – 12 minggu.  Pada umur ini anjing mulai belajar bersosialisasi. 

Gigi-gigi mereka dalam masa pertumbuhan.  Anjing-anjing muda ini selalu merasa penasaran dengan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya.  Mereka senang melakukan penjelajahan.  Hal inilah yang sering membuat pemilik kesal.  Anjing-anjing ini sering mengacak-acak perabot rumah.  Bahkan tidak segan-segan merusaknya. 

Pada tahap ini anjing juga akan mengalami perkembangan hubungan sosial.  Namun mereka sangat rentan terhadap tekanan batin (psychological trauma).

Perkembangan berikutnya terjadi pada waktu anjing berumur 6 – 12 bulan.  Tahap ini merupakan tahap juvenil.  Berhati-hatilah, sebab berbagai ras anjing akan menjadi gampang naik pitam pada umur ini.

Namun jangan sekali-sekali memberikan hukuman terlalu keras.  Sebab hal ini akan menyebabkan mereka trauma.  Pada usia ini perkembangan kemampuan belajar anjing mencapai puncak.

Anjing memasuki masa dewasa dan masak kelamin pada umur 1 tahun.  Pada waktu ini mereka segera mencari pasangan.  Mulai umur ini sifat serta karakter anjing sudah mulai susah dirubah. 

Terkadang mereka akan menjadi cuek terhadap setiap instruksi yang kita berikan.  “Anjing jantan sering tak menggubris perintah lantaran melihat lawan jenisnya,  Apalagi kalau lawan jenisnya itu sedang loop,”terang Jose di show roomnya yang terletak di Gajahmada Plaza.

Melatih & Mendidik
Nah, kalau Anda sudah memahami perkembanagn mental anjing berarti sekarang Anda akan menjadi mudah sewaktu menangani anjing Anda.  Perlakukanlah anjing peliharaan Anda sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah disebut di atas. 

Anda harus mempertebal hubungan emosional dengan anjing yang Anda miliki pada saat ia berusia 3 – 4 bulan.  Langkah ini akan memperkuat keakraban dengan anjing Anda.  Dengan demikian mereka bisa menjadi lebih setia dan patuh terhadap Anda.  Pada umur ini mereka harus sering kita ajak bermain atau berjalan-jalan. 

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan tersebut maka, belikanlah anjing anda mainan.  Biarkan ia asyik bermain sewaktu Anda tingga ke kantor.  Jangan terlalu lama menaruh anjing dalam kandang.  Sebab hal ini akan menyebabkan mereka mengalami tekanan batin.  Alhasil anjing Anda pun menjadi pendiam dan tidak gesit.  Selain itu berbagai perlakuan kasar juga akan mebuat anjing Anda menjadi penakut.  Anjing yang terlalu dimanja atau sering digoda akan membuat ia menjadi kurang ajar dan galak.

Perintah-perintah dasar sudah bisa mulai berikan ketika anjing sudah berumur 5 – 12 minggu.  Semisal perintah untuk duduk, berdiri tenang, mengenali nama panggilannya dan tidur.  Berbagai perintah yang lebih rumit bisa Anda berikan jika anjing sudah berusia 6 – 12 bulan.  Pada umur ini kemampuan belajar anjing sedang dalam puncak.  Perintah-perintah yang bisa Anda berkan semisal : mengambil benda, dan mencari benda.

Bagai mana dengan anjing Anda? Cermati dan latih segera (orangtuaidaman.com).

Peringkat 10 Besar Kepatuhan Berdasar Ras

1. Border Collie
2.      Poodle
3.      German Sheperd Dog

4.      Golden Retriever
5.      Doberman Pinscher
6.      Shetland Sheepdog
7.      Labrador Retriever
8.      Papillon
9.      Rottweiler
10.  Australian Cattle Dog


SIMAK JUGA ANEKA MAMALIA RUMAHAN INI

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI.…

AWAS!!! SCABIES KELINCI BISA MENULAR KE MANUSIA

AWAS!!! SCABIES KELINCI BISA MENULAR KE MANUSIA

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

SCABBY ATAU SCABIES ADALAH PENYAKIT KULIT YANG SANGAT…

KANDANG IDEAL BAGI KELINCI HIAS

KANDANG IDEAL BAGI KELINCI HIAS

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

KEBERSIHAN, TERLINDUNG DSRI EMBUSAN ANGIN, DAN GUYURAN HUJAN.…

WAJIB!!! CUKUPI KEBUTUHAN SERAT KELINCI ANDA

WAJIB!!! CUKUPI KEBUTUHAN SERAT KELINCI ANDA

Teguh Jiwa BrataSep 9, 2022

SERAT ITU WAJIB BAGI KELINCI. KALAU KURANG SERAT,…

Load More

ANEKA SATWA RUMAHAN

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!