KAMPUNG PEMPEK 26 ILIR: DISINI TEMPAT HEMAT CEMO-CEMO PEMPEK SAMPAI PUAS

ORANGTUA IDAMAN – Rasa enak dan rasa suka itu berbeda. Karena tak suka (tak cocok dengan selera) bukan berarti sebuah kudapan itu tak enak. Ada banyak ciri khas cita rasa pempek di Kampung pempek 26 Ilir, Palembang. Semua enak, semua wajib dicicipi.

… dan para pempek pun tak sabar menyambut dan memuaskan selera Anda.

Begitu pula soal harga, harga murah tak harus dibayar dengan mutu rendah. Ada kalanya harga murah itu bisa dinikmati lantaran Anda membeli di sentra sebuah produk.

Ada banyak penjaja pempek di Kampung Pempek 26 Ilir, Palembang. Mereka rata-rata menjajakan hidangan sama, maka tak heran jika hukum ekonomi di tempat itu berlaku. Pempek di tempat itu pun dibanderol harga murah meriah.

Tak hanya itu, bahan baku yang berlimpah pun menjadi salah satu pemicu harganya menjadi ramah di kantung.

Kampung Pempek 26 Ilir berlokasi tak jauh dari Kantor Walikota Palembang. Jaraknya hanya selemparan batu. Jadi, Anda bisa berjalan kaki menyambanginya.

Tumpukan kantung plastik berisi kerupuk ikan, kemplang, dan aneka jajanan khas Palembang terlihat memenuhi toko-toko yang berada di jalan kecil bernama jl. Mujahidin itu. Tak sedikit pula toko beretalase kaca berisi aneka varian pempek di dalamnya.

Etalase penuh pempek menggiurkan.

Aroma harum aneka kuliner berbahan baku ikan pun tercium di sepanjang jalan itu. Membuat siapa pun yang bertandang kesana tak betah berlama-lama menahan selera mencicipi kudapan yang dicocol cuko itu.

Nah, silakan menyantap pempek sepuasnya. Pempek yang dijajakan di tempat ini harganya tidak galak, kok.

Varian pempek berukuran kecil dibanderol Rp 1.000 – Rp 2.000. Misalnya, pempek adaan,  telur kecil, lenjer kecil atau kulit. Pempek ekonomis seperti ini dikenal dengan sebutan pempek Dos.

Mau pilih mana? Bebas… yang penting puas.

Sementara itu, pempek lenjer besar dan kapal selam bisa dinikmati dengan harga Rp 10.000.

Di tempat itu, Pempek Lala yang banyak dikunjungi.  Pasalnya, kios pempek ini lah yang kerap direkomendasikan. Harganya memang sedikit lebih mahal. Yaitu Rp 1200 sampai Rp 12.000 untuk pempek lenjer besar.

Wah, kalau harganya segitu, tak perlu ragu lagi makan besar nih!

Setelah puas cemo-cemo (makan banyak) pempek, perut kenyang, sebaiknya jangan lupa orang tersayang. bawakan lah mereka oleh-oleh pempek.

Jika Anda tinggal di luar kota, tak perlu khawatir, cara pengemasan yang benar bisa membuat pempek bertahan selama 2 hari kok.

Mau tahu caranya? Begini, nih… Mintalah kepada penjualnya agar melapisi pempek dengan minyak, bukan tepung. Cara seperti ini membuat pempek tidak tengik juga tak berlendir.

Nah, setelah sampai di rumah, segera cuci kudapan itu dengan air mengalir. Setelah kelar, tak ada pilihan lain selain digoreng lantas disantap.

Sebagai oleh-oleh, disediakan berbagai paket. Paket seberat kurang lebih 2 kg dijual seharga Rp 50 ribu. Paket ini yang paling murah.

Paket itu bisa dibawa sendiri, atau dikirim ke kota yang Anda tuju. Jangan lupa siapkan ongkos pengirimannya.

Di tempat itu, setiap kios punya ciri khas cita rasa pempek yang berbeda. Nah lo! Lalu mana yang paling enak? Enggak usah bingung, semuanya enak.

Makanya, saat berburu pempek di sana sebaiknya jangan ngendon di satu kios aja. Beli lah pempek secukupnya dari kios satu ke kios yang lainnya.

Sehingga Anda dapat memperoleh varian cita rasa pempek dan cuko yang beragam.

Selamat membandingkan dan berpetualang rasa pempek Palembang! (orangtuaidaman.com)

DISINI LOKASINYA! Silakan klik gambar.

INFO KULINER

KAMPUNG YANG BUKAN KAMPUNG
Kampung Pempek 26 Ilir itu bukan kampung. Melainkan sebuah pasar. Sebutan kampung hanyalah sebagai sebuah cara menamai sentra penjualan pempek tersebut.

Di tenpat ini, selain pempek, Anda juga dapat menyantap model atau tekwan. Dua kudapan ini adalah olahan pempek yang disuguhkan bersama kaldu ikan atau udang. Kuliner khas Palembang lain yang bisa ditemui di sana yaitu mie celor.


NIKMATI PULA KABAR KULINER INI

KISAH TERCIPTANYA BATAGOR

KISAH TERCIPTANYA BATAGOR

Teguh Jiwa BrataAug 6, 20221 min read

ORANGTUA IDAMAN – Batagor ‘lahir’ di Bandung. Batagor…

KOPI JAWA: DIGORENG DALAM SEJARAH PERBUDAKAN

KOPI JAWA: DIGORENG DALAM SEJARAH PERBUDAKAN

Teguh Jiwa BrataJul 29, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Di balik meriah warung kopi…

KULINER BURUNG PIPIT: BUDAYA, MITOS & NAFSU PRESTISIUS

KULINER BURUNG PIPIT: BUDAYA, MITOS & NAFSU PRESTISIUS

Teguh Jiwa BrataJul 13, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Tongseng, oseng-oseng, krengseng, dan satai…

Load More

JANGAN LUPA BERWISATA

PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

Teguh Jiwa BrataAug 4, 20223 min read

ORANGTUA IDAMAN – Pantai Kartini kian rupawan. Tak lagi tampil ala kadarnya bermodal kedai-kedai seafood, mi gelas dan Kura-kura Ocean…

BUKAN KLEIN SCHEVENINGEN KECIL: TIRTA SAMUDERA TETAP KHAS TANPA DIBANDINGKAN

BUKAN KLEIN SCHEVENINGEN KECIL: TIRTA SAMUDERA TETAP KHAS TANPA DIBANDINGKAN

Teguh Jiwa BrataAug 3, 2022

ORANGTUA IDAMAN – R. A. Kartini pernah berkata, Pantai Tirta Samudera adalah Pantai Klein Scheveningen Kecil. Konon, pantai ini adalah…

PULAU SEBESI: ZAMRUD TERSEMBUNYI DI SELAT SUNDA

PULAU SEBESI: ZAMRUD TERSEMBUNYI DI SELAT SUNDA

Teguh Jiwa BrataJun 29, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Tak sekadar menyandang kemolekan bentang alam. Pulau Sebesi pernah kaya serta memendam segudang potensi. Pagi itu awal…

WARUNG KOPI JEMBATAN SOMOSARI: MANDI DI KALI BERSAMA SECANGKIR KOPI

WARUNG KOPI JEMBATAN SOMOSARI: MANDI DI KALI BERSAMA SECANGKIR KOPI

Teguh Jiwa BrataJun 25, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sepotong ‘surga’, kudapan sederhana, bersanding secangkir kopi tersaji disini. Bening embun, sejuk air sungai, sawah hijau bak…

MONUMEN YESUS MEMBERKATI: MARILAH KEPADAKU, SEMUA YANG LETIH LESU DAN BERBEBAN BERAT…

MONUMEN YESUS MEMBERKATI: MARILAH KEPADAKU, SEMUA YANG LETIH LESU DAN BERBEBAN BERAT…

Teguh Jiwa BrataJun 22, 2022

ORANGTUA IDAMAN –  “Suatu kerinduan besar bagi kami untuk melihat, manjamah dan merasakan panggilan Yesus” sepotong kalimat yang mengilhami Dr.…


error: Content is protected !!