MAWAR VALENTINE MEMBAWA REZEKI

FLORA & TAMAN – Menyambut Februari 2022, penjual Bunga di kawasan Rawa Belong, Jakarta,sudah mulai mempersiapkan pasokan mawar potong dari berbagai petani mawar di berbagai daerah.

Sudah menjadi jadwal tahunan, menjelang Hari Valentine (14 Februari), keberadaan bunga mawar selalu diburu oleh konsumen. Pada hari kasih sayang tersebut, banyak konsumen berburu mawar untuk diberikan kepada orang-orang terkasih. Memang,  untuk mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang seseorang, salah satu medianya adalah melalui bunga mawar.

Ada tiga jenis mawar yang dijual para pedagang di Pasar Rawabelong, yaitu mawar lokal yang berasal dari Malang – Jawa Timur,  mawar semi holland dari Bandung, dan mawar impor dari Belanda, Australia, serta beberapa negara Eropa. Perbedaan antara tiga jenis mawar tersebut terletak pada cara budidaya dan ukurannya. Mawar dari Malang disebut mawar lokal karena penanaman dan benihnya berasal dari Indonesia. Mawar semi holland adalah mawar yang benihnya dari Belanda tapi ditanam di daerah Bandung. Sedangkan yang impor budidayanya di luar negeri.

Harga Melonjak
Selain itu, tampilan mahkota bunga, kecerahan warna, dan daya tahan bunganya berbeda-beda. Mawar lokal mempunyai mahkota besar tetapi tingkat kecerahan warnanya kurang, dan cuma bertahan empat hari sampai mahkotanya rontok. Sementara semi holland, mahkota bunga besar, warna lebih cerah, dan tahan sampai seminggu.

Beda halnya dengan mawar impor, mahkota bunganya lebih besar ketimbang dua jenis lainnya. Warnanya benar-benar cerah dan bisa bertahan hingga satu minggu. “Warna yang dominan diminati pembeli saat menjelang Valentine adalah merah marun, merah fanta, dan pink,” lanjut Siti dari Andira Rose, Rawa Belong, Jakarta.

Tentunya para pedagang tak ingin menyia-yiakan kesempatan ini untuk mengais rejeki dan keuntungan yang belipat dibandingkan hari biasa. Sejumlah toko bunga (florist) pun saling berlomba menawarkan koleksi mawarnya. Tentu dengan harga yang berbeda dari biasanya.

Seperti yang diungkapkan Dani, dari toko bunga  Anjani Florist. Jika di hari biasa mawar jenis lokal hanya dijual Rp 25.000 per ikat (20 tangkai), saat Valentine harganya bisa mencapai Rp 60.000 per ikat. Sedangkan untuk mawar semi holland, harganya Rp70.000 per 20 tangkai dan mawar impor Rp 250 ribu per 10 tangkai. Seperti juga mawar lokal, harga mawar dari dua jenis ini pun turut naik, bisa dua kali lipat dari harga hari biasa. “Mawar impor atau jenis Holland, kalau dijual satuan jatuhnya sekitar Rp 27.000 – Rp 50.000 per batang,” kata salah satu pedagang lainnya di pasar tersebut.

Hati dan Pita
Hal yang sama diungkapkan pemilik toko bunga Lulu Florist. Dibandingkan hari biasa, harga bunga mawar menjelang dan saat hari Valentine bisa mencapai 4 – 5 kali lipat. Kenaikan harga bunga bisanya dipicu oleh peningkatan harga dari petani bunga di kawasan Malang dan Bandung akibat naiknya jumlah permintaan.

Usaha bunga potong memang selalu melonjak permintaannya menjelang bulan Februari. Untuk menambah nilai jual, mawar yang biasanya hanya dibungkus plastik bening atau kertas, pada Hari Valentine diberi hiasan plastik bergambar hati dan pita.

Siti mengatakan jika dijual per ikat, mawar lokal dari Malang hanya dihargai Rp30.000. Tapi kalau sudah dihias dengan plastik dan pita, per batangnya bisa tembus Rp15.000. Jadi bila  satu ikat isinya 20 batang, berarti seikat mawar bisa  berbandrol Rp300.000. Selisihnya mencapai Rp270.000 per ikat. Tentu margin keuntungan tersebut belum dipotong ongkos plastik dan pita.  

Kebanjiran order tentunya menjadi rejeki tersendiri bagi sebagian besar penjual bunga di kawasan Pasar kembang Rawabelong. Apalagi seminggu menjelang perayaan hingga hari-H. Setiap menyambut bulan kasih sayang ini, sebagian besar para pedagang di sini mengaku  mendapat untung hingga dua kali lipat dari hari biasa (orangtuaidaman.com)

Agar Mawar Tak Mudah Layu

• Jika Anda membeli atau menerima mawar potong dari seseorang, segera letakkan mawar tersebut kedalam sebuah wadah yang berisi air.  

• Persiapkan vas bunga. Bersihkan, lalu isi dengan air hangat hingga ¾ bagiannya penuh. Catatan tambahan, air hangat membuat bunga mawar potong lebih cepat menyerap air dan nutrisi.

• Pastikan untuk menambahkan makanan (nutrisi) bunga ke air sesuai dengan petunjuk paket yang sudah disertakan oleh floris. Jika tidak ada, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menambahkan 3 sendok teh non-diet lemon-lime soda (sebagai sumber makanan dan acidifier), 1 sendok teh pemutih (untuk membunuh bakteri), dan 1 liter air hangat.

• Sebelum menampatkan bunga ke dalam vas yang sudah berisi air, sebaiknya buang dedaunan yang jatuh di bawah garis air. Dedaunan di dalam air akan menyebabkan bakteri tumbuh, sehingga dapat mempersingkat masa pakai vas bunga.

• Potong batang mawar secara benar. Idealnya batang mawar harus dipotong sekitar satu inci  (sekitar 2,5 cm) dari bagian bawah setiap batang. Setelah itu, masukkan mawar ke dalam vas yang telah disiapkan. 

• Ulangi langkah-langkah di atas setiap tiga hari sekali. Jangann lupa, periksa kondisinya setiap hari. Jangan sampai mawar mengalami dehidrasi karena adanya penyusutan air.




Post List #2

CERMAI: BUAH SEGAR SARAT KHASIAT

CERMAI: BUAH SEGAR SARAT KHASIAT

Teguh Jiwa BrataSep 18, 20222 min read

BUAH CERMAI SEGAR DICAMPUR GULA, GARAM DAN DIRUJAK.…

TIPS MENANAM BROMELIA, PRAKTIS PAKAI WADAH 

TIPS MENANAM BROMELIA, PRAKTIS PAKAI WADAH 

Teguh Jiwa BrataSep 3, 2022

JANGAN SALAH CARA MENANAM BROMELIA. MEDIA TANAMNYA BERNEDA…

BELIMBING WULUH: FLORA SEGAR BERKHASIAT OBAT

BELIMBING WULUH: FLORA SEGAR BERKHASIAT OBAT

Teguh Jiwa BrataAug 25, 2022

SERING DIMANFAATKAN SEBAGAI SIRUP, BUMBU ATAU SAYUR, PEMBERSIH…

SAWO KECIK: POHON PENGHARAPAN KEBAIKAN

SAWO KECIK: POHON PENGHARAPAN KEBAIKAN

Teguh Jiwa BrataAug 20, 2022

KETIKA SAWO KECIK TUMBUH DI HALAMAN, MASYARAKAT BERHARAP…

AGLAONEMA MUTASI: PERUBAHAN YANG MEMBAWA BERKAH

AGLAONEMA MUTASI: PERUBAHAN YANG MEMBAWA BERKAH

Teguh Jiwa BrataJul 30, 2022

ORANGTUA IDAMAN- Waspadai kelainan yang terjadi pada aglaonema…

Load More

ANEKA WARTA SATWA

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!