FERETT: MUSANG TEXAS BERAMBUT PIRANG

FAUNA MAMALIA – Anda kesepian dan butuh teman bermain? Jangan khawatir, sekarang ada jenis binatang peliharaan baru yang senang diajak bercengkerama.  Ferett namanya.

Perilaku fauna lucu ini sekarang tidak hanya bisa disaksikan melalui tayangan acara di televisi saja.  Berbabagi pet shop di negara kita sudah menyediakan ferett sebagai salah satu alternatif satwa kesayangan.  Jadi Anda sekarang bisa menimang-nimang ferett di rumah.

Cara pemeliharaan mamalia ini tidalah sukar.  Bahkan menurut pengakuan Candra Ermanto pemilik pet shop di Jakarta, ferett mudah berkembang biak.  Kerabat dekat musang ini juga bisa dilatih.  Ferret bisa dibiasakan hidup disiplin.  Semisal buang kotoran di tempatnya dan menetap dalam sebuah kandang.  Selain itu, feret pun bisa Anda ajak bermain bola. 

Suka Daging
Di negara asalnya ferett senang berburu tikus dan binatang lain yang lebih kecil sebagai makanan pokoknya.  Nah, jika Anda ingin memeliharanya berarti Anda harus selalu menyediakan daging sebagai menu harian ferett. 

Jagan lupa menyediakan permainan yntuk fauna ini.

Menu kesukaan ferett diantaranya yaitu kulit ayam, hati, jantung dan lemak.  Selain itu Anda juga bisa menyuguhkan tulang muda atau sumsum tulang.  Kedua pakan tersebut syarat nutrisi yang penting bagi kesehatan ferett.  Jangan terlambat meberi pakan.  Jatah pakan diberikan sebanyak 3 kali sehari.

Biar tidak mudah terjangkit penyakit, kebersihan pakan harus selalu diutamakan.  Sebelum dihidangkan, rebuslah dulu daging tersebut.  Cara lain untuk mensucihamakan menu ferett bisa dilakukan dengan jalan memasukkan pakan ke dalam freezer almari es. 

Pemberian menu basah berupa daging-dagingan nampaknya butuh biaya banyak dan tidak efektif.  Namun Anda tak perlu kawatir.  Ferett juga bisa dibiasakan dengan menu pakan kucing koq.  Selain lebih irit, pakan kering (dry food) juga bisa segaligus berfungsi untuk menjaga kebersihan gigi ferett.  Suguhkan pakan kucing berkategori kitten untuk ferett berusia 1 tahun.  Sedangkan ferett berusia lebih 1 tahun bisa diberi pakan kucing kategori adult

Ferett uzur tak boleh terlalu banyak menyantap menu berkandungan protein tinggi.  Sebab hal itu bisa memicu kerusakan ginjal.  Jadi hidangkan menu dengan kandungan protein rendah.  Semisal pakan kucing kategori premium adult.

Pakan anjing (dog food) tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai menu harian ferett.  Sebab dog food memiliki kandungan asam lemak taurine lebih sedikit bila dibandingkan dengan cat food.  Senyawa tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata si Ferett.  Selain itu, dog food lebih banyak mengandung protein nabati ketimbang protein hewani.  Hal ini bisa mengakibatkan ferett gampang menderita gangguan pencernaan. 

Anda tidak boleh terlalu banyak memberi pakan kepada ferett.  Sebab, hal seperti itu bisa membuat ferret menderita obesitas alias kegemukan.  Seekor ferett sehat umumnya memiliki bobot badan berkisar antara 900 gr – 2,25 kg.  Ferett adalah binatang yang gemar tidur.  Biar tidak kegemukan, ajaklah dia setiap hari bermani-main.  Anda bisa memberinya bola sebagai mainan.

Walau tak senang banyak minum, Anda tak boleh mengabaikan soal air minum.  Taruhlah persedian air dalam botol air minum yang digunakan untuk anjing atau kucing.  Dehidrasi bisa menyebabkan ferett menderita mata rabun dan kulit yang lunak. 

Periksa selalu kesehatannya
Kondisi fisik serta stamina ferett harus diperiksa secara rutin.  Gigi ferett harus digosok setiap 2 minggu sekali.  Gunakan sikat gigi kucing  ukuran kecil dan pasta gigi enzimatik.  Gigi ferett yang tak pernah disikat akan ditumbuhi karang gigi.  Bila hal ini dibiarkan, ferett Anda bisa ompong.

Untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, ferett harus mandi setiap 2 minggu sekali.  Biar wangi, seusai mandi jangan lupa mengeramasi ferett dengan dry shampoo.  Feret yang jarang terkena sinar matahari sering mengalami kerontokan rambut. Namun biasanya setiap 2 tahun sekali ferett akan mengalami rontok rambut.  Jangan lupa periksa juga kebersikan kuping.  Pastikan kuping ferett dalam kondisi bersih.  Jika terdapat kotoran berupa kerak hitam, bersehkan segera dengan bantuan cotton bud dan baby oli.

Rambut botak juga bisa dipicu oleh serangan kutu, gangguan kelenjar adrenalin, kurang gizi, penyakit kulit, alergi makanan, stres dan salah shampo.  Ferett yang menderita tekanan batin umumnya ditandai dengan kebotakan di bagian ekor.  Kondisi seperti ini sering terjadi pada ferett yang baru saja dibeli.  Sedangkan serangan kutu dan jamur ditandai dengan kebotakan yang terjadi di berbagai bagian tubuh ferett.

Waspadai dan segera periksakan kedokter hewan terdekat jika ferett kesayangan Anda mengalami kebotakan diseluruh bagain tubuhnya.  Mungkin ferett kesayangan Anda sedang menderita gangguan fungsi kelenjar adrenalin.

Layaknya binatang piaran yang lain, ferett juga sebaiknya diajak periksa ke klinik secara teratur.  Di sana Pak Dokter akan melakukan general ceck up terhadap kesehatan si Ferett.  Kandungan gula darah harus diperiksa setiap setahun sekali.  Sebab ferett tua rawan terserang diabetes.  Selain itu berbagai vaksinasi harus dilakukan secara berkala.  Semisal vaksinasi rabies diberikan saat ferett berusia 8, 11, dan 14 minggu.  Vaksinasi distemper harus diberikan sewaktu ferett masih berusia 3 bulan (orangtuaidaman.com)

Info:
Dua Pilihan Warna Rambut

Ada dua jenis ferett dengan warna rambut beda yang bisa dibeli dari pet shop.  Sepasang ferett putih bisa Anda boyong kerumah dengan tarif Rp 4 juta.  Sedangkan sepasang ferett coklat dihargai sebesar Rp 3 juta.  Apa pun warna rambutnya, cara perawatannya tetap sama.


ANEKA SATWA RUMAH


TAMAN & KEBUN KELUARGA


error: Content is protected !!