MERAWAT KUCING HAMIL: INDUK & BAYI SEHAT, LAHIR SELAMAT

PERAWATAN INDUK KUCING HAMIL SECARA BENAR, BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS DAN KESELAMATAN KUCING.

Banyak pehobi merasa tegang sewaktu kucing peliharaannya bersalin.  Namun, kerap kali mereka hanya melakukan perawatan ekstra pada hari H menjelang bayi kucing lahir. 

Padahal perawatan ekstra itu dibutuhkan induk dan calon bayi kucing sejak awal kehamilan. Induk kucing mengandung harus berstamina fit.  Supaya proses persalinan berjalanan dengan lancar dan selamat. 

Demikian pula dengan calon bayi.  Mereka bisa lahir dengan selamat jika kondisi fisiknya sehat tanpa cacat.

Stamina Harus Selalu Fit
Masa-masa rawan berlangsung mulai saat pembelahan sel di hari-hari pertama fertilisasi atau pembuahan.  Masa kritis selanjutnya terjadi saat menempelnya kembali sel telur yang telah dibuahi menuju dinding rahim. 

Masa kritis berlangsung hingga pembentukan organ selesai, sekitar 6 minggu.  Setelah itu janin kucing bersifat relatif kuat.

Kondisi induk dipengaruhi kualitas pakan dan lingkungan.  Pakan cukup gizi harus selalu disuguhkan kepada induk kucing hamil.  porsi gizi yanh dibutuhkan induk lebih banyak dari kondisi normal.  Berbagai pabrik pakan meramu menu khusus untuk kucing hamil. 

Penyakit pada induk bisa mempengaruhi janin.  Msalnya, virus yang menyebabkan mulut induk menderita sariawan.  Keadaan ini mengakibatkan induk ogah makan.  Sehingga janin terancam kekurangan gizi. 

Jika tidak segera ditangani, kucing bisa keguguran.  Jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan bayi kucing gugur sebelum dilahirkan yaitu Toxoplasma.

Berhati-hatilah menangani kucing bunting yang sedang sakit. Sebab, berbagai obat yang Anda berikan justru bisa meracuni janin dalam kandungannya.

Misalnya obat cacing, obat yang termasuk dalam golongan sulfa, dan Quinolon yang bisa mengganggu pertumbuhan tulang janin.

Jalan yang paling aman untuk menangani kucing bunting yang lagi sakit yaitu dengan cara mengajaknya periksa ke dokter hewan.  Disana calon ibu kucing tersebut akan diberi resep obat yang tidak terlalu keras.

Berbagai vitamin sangat dibutuhkan untuk mendukung proses kehamilan kucing.  Semisal vitamin A, B1, B12, dan vitamin E.  Vitamin khusus kucing seperti itu banyak dijual dalam bentuk tablet.  Anda bisa membelinya dari klinik hewan.  Sambil memeriksakan kondisi kucing jangan lupa menanyakan aturan pakainya.

Jika tidak rumit,  Anda bisa memberikan menu berkategori kitten kepada Si emak kucing tadi.  Menu pakan berkategori kitten bukan hanyak untuk anak kucing tapi cocok juga bagi para ibu kucing yang sedang hamil dan menyusui.

Zat gizi lain yang dibutuhkan oleh induk kucing yaitu mineral dan kalsium.  Nutrisi tersebut banyak terkandung dalam susu.  Jadi tidak ada salahnya jika minuman bergisi ini juga disuguhkan kepada induk kucing. 

Hindari Benturan fisik
Upayakan agar induk yang sedang hamil tidak mengalami benturan fisik.  Sebab hal itu bisa mengakibatkan gangguan pada janin.  Benturan fisik bisa terjadi karena terjatuh, dan perkelahian. 

Biar tidak berantem, adu cakar atau saling kejar, untuk sementara induk kucing harus dipisahkan dari komunitas.  Berilah fasilitas khusus.  Contohnya tempat makan, dan kandang.

Kondisi di sekitar kandang harus selalu dijaga kebersihannya.  Selain untuk menjaga stamina induk, hal itu juga penting untuk mempersiapkan keadaan lingkungan yang memenuhi syarat saat kucing melahirkan. Sekitar 50 hingga 60 hari mengalami kehamilan, Induk akan segera melahirkan. 

Nah, jika induk dirawat secara benar, semoga proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan selamat (orangtuaidaman.com).


SIMAK JUGA ANEKA MAMALIA INI

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI.…

AWAS!!! SCABIES KELINCI BISA MENULAR KE MANUSIA

AWAS!!! SCABIES KELINCI BISA MENULAR KE MANUSIA

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

SCABBY ATAU SCABIES ADALAH PENYAKIT KULIT YANG SANGAT…

KANDANG IDEAL BAGI KELINCI HIAS

KANDANG IDEAL BAGI KELINCI HIAS

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

KEBERSIHAN, TERLINDUNG DSRI EMBUSAN ANGIN, DAN GUYURAN HUJAN.…

WAJIB!!! CUKUPI KEBUTUHAN SERAT KELINCI ANDA

WAJIB!!! CUKUPI KEBUTUHAN SERAT KELINCI ANDA

Teguh Jiwa BrataSep 9, 2022

SERAT ITU WAJIB BAGI KELINCI. KALAU KURANG SERAT,…

Load More

ANEKA SATWA RUMAHAN

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!