BAKPAO BUAH: MENGGUGAH SELERA KONSUMEN DENGAN INOVASI BENTUK

ORANGTUA IDAMAN – Kalau mau tetap hidup, kuncinya inovasi.  Prinsip ini dilakukan  Yayang Suryana Wijaya, pengusaha bakpao dari Bandung. “Tiap tahun saya selalu menciptakan model baru.  Bakpao buah itu produk saya 7 bulan lalu,  Belum lama ini saya ciptakan bagelen Jepang,” tutur pengusaha roti ini.

Yayang  menekuni profesi sebagai produsen roti sejak 20 tahun silam.  Ia tak bisa memastikan modal awal yang digunakan untuk merintis usaha.  “Sangat kecil kok. Yang saya ingat, saat itu setiap bulan saya ngecer terigu Rp 50.000,” tuturnya.  Selain roti, bakpao menjadi salah satu produk unggulan usahanya. 

Proses pembuatan bakpao buah di dapur Andy Yang Pastry

Sekitar 10 bentuk bakpao rasa buah yang diciptakannya.  Yaitu : strawberry, pear, tomat, apel, wortel, terong, labu, persik, mangga dan jeruk.  Soal citarasa, sebenarnya tak berbeda dengan bakpao pada umumnya. Isinya pun sama,  kacang hijau dan kacang pandan.  Yayang mengaku tidak memproduksi bakpau buah isi daging.  Ia tak ingin konsumen ragu-ragu atas kehalalan. 

“Saat ini bakpao buah sedang banyak diminati.  Variasi isi daging cuma akan menimbulkan keraguan pada konsumen.  Saya kawatir nanti malah merusak pasar,” kata pria berusia 36 tahun ini.

Inovasi produk ini terbukti berdampak positif terhadap kenaikan permintaan.  “Saya terpaksa harus mengurangi jumlah produksi jenis kue lain, agar bisa konsentrasi pada bakpao.  Kalau biasanya hanya laku 100 – 500 buah/hari, sekarang bisa laku 500 – 1000 buah /hari,”paparnya.  Bahkan suatu saat ia pernah menerima pesanan hingga 1.500 buah. Jumlah produksi yang melonjak tentu saja diikuti omzet yang membengkak. 

Untuk mencetak bakpao sebanyak itu, Yayang dibantu 4 orang karyawan dan 1 tenaga keluarga.  Bakpao tersebut dijual per kotak berisi 10 macam bakpao buah.  Harganya Rp 60.000 / kotak.  Meskipun demikian, Yayang tetap melayani pembeli eceran.  Sistem pemasaran yang dilakukan yaitu keagenan.  Selain itu, Yayang juga menitipkan bakpaonya di toko roti, bakery, dan restoran. 

Sumber:
Andy Yang Pastry
Kontak:
Andy Yang Pastry
(022) 4230819



SIMAK JUGA ANEKA PELUANG BISNIS RUMAHAN INI!


TEKNOLOGI TEPAT GUNA


error: Content is protected !!