CERMAI: BUAH SEGAR SARAT KHASIAT

BUAH CERMAI SEGAR DICAMPUR GULA, GARAM DAN DIRUJAK. JUGA KERAP DIRACIK MENJADI MANISAN, SETUP, DAN MINUMAN PENYEGAR. DAUN MUDANYA ENAK DILALAP.

Daun dan bijinya berkhasiat menyehatkan. Daun cermai (Phyllanthus acidus) diramu sebagai peluruh dahak, pelangsing badan, dan sariawan.

Bijinya kerap diracik menjadi penyembuh sembelit dan mual.

Kulit akar cermai bermanfaat sebagai bahan baku penyamak.

Pohon cermai ditanam sebagai peneduh atau sebagai tanaman utama di halaman dan taman.

Flora ini tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis. Butuh tempat lembap, berketinggian sampai 1.000 m dpl. 

Tanaman cermai berkembang biak secara generatif dengan biji dan vegetatif dengan stek.

Cermai berkerabat dekat dengan pohon malaka (Phyllanthus emblica) dan meniran (P. niruri); keduanya adalah tumbuhan yang berkhasiat obat.

Asal Usul
Diperkirakan cermai berasal dari Madagaskar. Di kawasan tropis, cermai menyebar di wilayah tropis. Diantaranya, Asia Tenggara (Vietnam selatan, Laos, Indonesia dan Malaya bagian utara).

Flora ini juga ditemukan di kepulauan Mauritius, Réunion dan Rodrigues di Samudra Hindia, serta di Guam, Hawaii dan beberapa kepulauan lain di Samudra Pasifik.

Pada tahun 1793, tanaman ini dibawa ke Jamaika dari Timor; dan semenjak itu menyebar luas ke seluruh kepulauan Karibia, diikuti kemudian dengan masuknya ke Amerika Tengah dan Selatan.

Buah berbentuk bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian.

Daging buah berwana keputihan, masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji. (orangtuaidaman.com)



RAGAM FLORA

TUMBUHAN BIJI TERBUKA vs BIJI TERTUTUP, INI PERBEDAANNYA

TUMBUHAN BIJI TERBUKA vs BIJI TERTUTUP, INI PERBEDAANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 25, 20223 min read

TUMBUHAN BERBIJI DIGOLONGKAN MENJADI DUA JENIS, YAITU TUMBUHAN BERBIJI TERBUKA (GYMNOSPERMAE) DAN BERBIJI TERTUTUP (ANGIOSPERMAE). Tumbuhan berbiji disebut juga spermatophytaatau…

FAKTA TENTANG LUMUT

FAKTA TENTANG LUMUT

Teguh Jiwa BrataSep 19, 2022

LUMUT PUNYA PERAN PENTING DALAM EKOSISTEM. FLORA INI JUGA DIMANFAATKAN DI BIDANG INDUSTRI PERTANIAN DAN KESEHATAN. Lumut adalah tumbuhan pionir.…

DIKOTIL vs MONOKOTIL, INI PERBEDAANNYA

DIKOTIL vs MONOKOTIL, INI PERBEDAANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

TUMBUHAN BIJI TERTUTUP (ANGIOSPERMAE) DIBAGI MENJADI DUA. DICOTYLEDONAE DAN MONOCOTYLEDONAE. APA SAJA PERBEDAAN KEDUANNYA? YUK, DISIMAK! DicotyledonaeDicotyledonae berasal dari kata…

KISAH BUNGA YANG SELALU MENAWAN

KISAH BUNGA YANG SELALU MENAWAN

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

KUMBANG DAN SERANGGA LAIN SELALU TERGODA BUNGA. SELAIN WARNANYA YANG RUPAWAN, BUNGA TERNYATA JUGA MENYIMPAN BERAGAM DAYA TARIK. Daya Tarik…

PERSILANGAN ANTARSPESIES & ANTARGENUS

PERSILANGAN ANTARSPESIES & ANTARGENUS

Teguh Jiwa BrataSep 10, 2022

PERSILANGAN ANTATSPESIES DAN ANTAR GENUSI MELAHIRKAN KETURUNAN YANG PENTING DALAM PROSES PEMULIAAN TANAMAN. Proses persilangan ini memungkinkan terjadinya kombinasi antarkarakter,…

error: Content is protected !!