ADAPTASI IKAN BARU: LEBIH AMAN DIKARANTINA DULU

ORANGTUA IDAMAN – Memiliki koi anyar idaman yang baru dibeli dari dealer, tentu saja mengasyikan. Sudah barang tentu, Anda jadi lebih betah berada di dekat kolam. Namun sebelum bergabung dengan teman-temannya di kolam, sebaiknya ikuti dulu beberapa langkah berikut ini. Sehingga Anda terhindar dari masalah yang tak diinginkan.

Apa itu? Salah satunya ikan jadi stres. Akibatnya koi bisa melompat dari kolam. Ikan anyar juga berpotensi menularkan penyakit. Kondisi ini bisa terjadi bila koi anyar tersebut membawa bibit penyakit. Bila ingin menghindarinya, langkah karantina musti dilakukan. Proses ini bisa dilakukan di kolam atau bak khusus yang diperuntukkan bagi koi anyar selama seminggu. Bila dalam jangka waktu tersebut,  tak timbul tanda-tanda mencurigakan, berarti ikan tersebut aman untuk dicampurkan dengan koi koleksi terdahulu.

Usahakan agar parameter air di kolam karantina tak jauh berbeda dengan kualitas air di kolam utama.  Sehingga kelak, pada saat pemindahan ikan dari kolam karantina ke klolam utama, tak timbul lagi masalah stres. 

Sebenarnya langkah karantina dilakukan bila Anda ragu maupun buta dengan track record farm atau sang penjual. Tapi jika sudah yakin dengan kredibilitasnya, tak perlu perlakuan khusus. Cukup dengan mencuci koi baru untuk menghilangkan amonia yang melekat selama pengangkutan.

Caranya? Rendam dengan air garam ikan 5% selama 1-2 menit. Lebih bagus lagi kalau ditambah biotalk, teramicyn atau elbayu. Setelah itu bisa langsung dimasukkan dalam kolam.  

TIPS
Mencegah Ikan Meloncat

Kadangkala saat koi berada dalam kolam karantina, ada beberapa ekor yang sering menabrakan diri ke dinding kolam atau lebih parah lagi meloncat keluar.  Hal ini harus di hindari karena bisa mengakibatkan cacat. Untuk mengatasi koi dengan gejala stres seperti ini diperlukan trik khusus. Misalnya  dengan memasukan ikan tersbut dalam plastik yang telah diberi air dan diberi hawa oksigen murni.

Setelah plastik tersebut di ikat, masukan dalam kolam karantina. Lalu setelah satu jam coba lepaskan, bila masih suka loncat-loncat masukan lagi dalam plastik sampai ikan merasa tenang. Sebagai tindakan pencegahan alangkah baiknya kalau di atas kolam karantina diberi paranet untuk mencegah koi meloncat keluar.


TIPS
Mepercepat Kolam “Mature”

Kolam  yang baru selesai dibuat, kurang baik bila langsung ditempati koi. Harus dibiarkan dulu beberapa hari, agar aroma dan  zat kimia yang ada pada semen tidak mencemari kolam. Bila dipaksakan, hal ini dapat mengganggu kesehatan koi. Untuk mempercepat penghilangan aroma dan zat kimia semen tersebut, bisa dengan cara digosok dengan daun pepaya seluruh bagian dinding. Kemudian dikuras dengan air. Setelah itu baru diisi air kembali.



SIMAK JUGA SATWA RUMAHAN INI!


KEBUN DAN TAMAN KELUARGA

error: Content is protected !!