SOLUSI PROBLEM TANAMAN AQUASCAPING

BERBAGAI GEJALA YANG MUNCUL BISA DIGUNAKAN SEBAGAI SARANA MENEBAK JENIS PENYAKIT YANG DIDERITA TANAMAN AQUASCAPING.

Tanaman hias akuarium yang sakit harus segera diobati.  Sekecil apapun gejala yang nampak harus selalu diwaspadai. 

KUrang waspada dan keterlambatan antisipasi bisa mengakibatkan menyebarnya penyakit tersebut. 

Kredit foto: Wikipedia

Akibatnya, sebagaian besar atau bahakan seluruh tanaman dalam akuarium ludes.  Seting ulang akuarium pun harus Anda jalani lagi.

Tiap jenis penyakit memicu munculnya gejala yang khas.  Begitu pula tiap jenis tanaman memiliki daya tahan yang berlainan terhadap suatu jenis penyakit. 

Kondisi ini lah yang sering digunakan untuk menebak jenis penyakit pada suatu tanaman.

Aneka Penyakit dan Gejalanya
 Secara garis besar, penyakit tumbuhan dibedakan menjadi dua.  Yaitu penyakit yang diakibatkan hama atau kuman, serta penyakit yang dipicu oleh gangguan metabolisme atau fisiologi. 

Umumnya penyakit yang bersifat fisiologis itu tidak menular.  Penyababnya adalah kekukarang hara, Oksigen, cahaya, kondisi kimia air yang tidak tepat serta porsi cahaya yang tidak pas.

Penyakit yang diakibatkan oleh hama atau kuman biasanya menghasilkan gejala yang berbeda dengan penyakit yang diakibatkan oleh gangguan fisiologi. 

Gejala yang dipicu oleh serangan hama dan kuman bersifat lokal, atau di bagian tertentu saja.  Sedangkan gejala penyakit yang diakibatkan oleh gangguan fisiologi umumnya bersifat meluas atau nampak di sebagian besar organ tanaman. 

Apabila tanaman dalam aquascapping Anda nampak kurus, itu berarti tanaman tersebut mengalami kekurangan hara, cahaya, CO2 atau bisa juga akibat air dalam akuarium tercemar zat beracun. 

Lantas langkah apa yang harus dilakukan lebih dulu ? Menambah hara, cahaya CO2 atau memeriksa kondisi air lebih dulu?  Biar lebih aman, Anda lebih dulu memeriksa kondisi air dalam akuarium. 

Derajat keasaman alias pH bisa diukur dengan pH meter.  Sedangkan derajad kesadahan atau kekerasan air bisa diukur dengan bantuan KH meter.  Air yang tercemar biasanya ditandai dengan pH serta KH yang tidak Normal. 

Derajat pH di bawah atau di atas kisaran 6,8 – 7,2 adalah tidak normal.  Sedangkan derajad KH normal itu berkisar antara 4 – 8.

Bila kondisi air dalam akuarium terbukti tidak normal, berarti Anda harus melakukan penggantian air.  Caranya dilakukan dengan jalan menganti bagian 1/3 air dalam akuarium dengan air yang baru. 

Langkah ini dilakukan setiap seminggu sekali.  Namun, jika kondisi pH serta KH air dalam akuarium normal, berarti penyebab tanaman menjadi kurus bukanlah kondisi kimia air. 

Dugaan berikutnya bisa dialihkan pada penyebab yang lain.  Yaitu  kekurangan cahaya. 

Tanaman yang nampak kurus biasanya kekurangan spektrum cahaya merah.  Tanaman seperti itu harus ditambah dengan cahaya yang memiliki spektrum biru lebih banyak.

Lampu neon atau TL umumnya memiliki spektrum biru yang lebih banyak ketimbang lampu pijar.  Sebaliknya jika tanaman nampak melebar, itu artinya tanaman mengalami kekurangan spektrum cahaya biru (orangtuaidaman.com)


SIMAK JUGA ANEKA TIPS IKAN & AKUARIUM INI

SARANA “WAJIB” AKUARIUM AIR LAUT

SARANA “WAJIB” AKUARIUM AIR LAUT

Teguh Jiwa BrataDec 24, 20218 min read

ORANGTUA IDAMAN – Agar seluruh mahluk di dalamnya…

ARTEMIA: MENU SEHAT SARAT GIZI

ARTEMIA: MENU SEHAT SARAT GIZI

Teguh Jiwa BrataDec 23, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Kalau tak kenal maka tak…

CUPANG MUSTARD GAS: IKAN KEJU BERSELIMUT GAS BIRU

CUPANG MUSTARD GAS: IKAN KEJU BERSELIMUT GAS BIRU

Teguh Jiwa BrataDec 23, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Bagi pemain cupang jenis ikan…

MERAWAT DISCUS MENGERAM: TIPS MENEMBUS MASA KRITIS

MERAWAT DISCUS MENGERAM: TIPS MENEMBUS MASA KRITIS

Teguh Jiwa BrataDec 23, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Sifat genetis bukan satu-satunya faktor…

ANEMON & CLOWN FISH: PERSAHABATAN 2 MAHLUK BERBEDA

ANEMON & CLOWN FISH: PERSAHABATAN 2 MAHLUK BERBEDA

Teguh Jiwa BrataDec 23, 2021

ORANGTUA IDAMAN – Kedua satwa penghuni laut ini…

Load More

ANEKA SATWA RUMAHAN

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!