TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA.

Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan ranchu, menu pakan campuran tepung maizena, ikan tuna, daging ayam, dan bahan pelengkap sebagai”booster” pakan ikan. Komposisinya 1:1:1:1. Keempat bahan itu diracik menjadi pakan basah.

Pemberian pakan didasarkan atas tingkat umur ikan. Untuk anak ranchu, pakan diberikan 8-15 kali sehari.

Khusus ranchu berusi kurang daei 3 bulan, ditambahkan pakan berkandungan kalsium tinggi. Kalsium bagus untuk pertumbuhan tulang ikan.

Setiap 1/2 – 1 jam sekali anak maskoki diberi pakan racikan. Bila selama 15 menit ada pakan tersisa, segera dibuang. Supaya ikan tidak teracuni sisa pakan.

Bagi rancu dewasa, pakan diberikan 3 kali sehari. Namun pakan racikan itu tidak disarankan bagi ikan sensitif protein dan lemak tinggi.

Jika dipaksakan, bisa mengakibaykan pecah pembuluh darah, walau hal itu sangatbkecil kemungkinannya.

Pakan itu tak sekadar memperbesar tubuh dan kepalw ranchu. Bisa juganmempercantik warna. Tinggal dicampur dengan pqkan pemancing hormon warna, maka warna rancu akan keluar.

Menu lainnya yang bisa diberikan yaitu dada ayam yang telah dicuci dengan air garam, lalu dibilas dengan air biasa.

Setelah dicuci, dada ayam itu juga telah dibekukan dalam almari es selama 24 jam. Perlakuan itu bertujuan unyuk menghilangkan lendir dan kuman dalam daging ayam.

Daging ayam itu lantas diiris-iris tipis. Irisan daging diberikan sesikit demi sesikit.

Jangan sampai kebanyakan. Sebab bisa membuat air menjadi keruh akibat lemak daging ayam. Sebagai menu pemdamping Anda bisa menyuguhkan bloodworm.

Dalam kurun waktu 3 bulan, anak ranchu akan mencapai bodi ideal. Kakau sudah mencspai berat ideak, pola makannya harus diubah.

Untuk ranchu ukuran 15 cm, berat idealnya 100 gram. Pada saat itu komposisi pakannya hatus berimbang antara lemak, protein, dan seratnya.

Ranchu yang kegemukan dan kepala terlalu besar justru bisa menganggu keseimbangan berenang (orangtuaidaman.com).



RAGAM SATWA RUMAHAN

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

TIPS MERAWAT INDUK KELINCI BUNTING

Teguh Jiwa BrataSep 24, 20222 min read

HAL YANG HARUS DIKETAHUI SECARA TEPAT YAITU KAPAN INDUK KELINCI KAWIN. Mengetahui tanggal kawin kelinci membuat Anda dapa memperkirakan kapan…

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

TIPS MERAWAT BAYI KELINCI

Teguh Jiwa BrataSep 24, 2022

INDUK KELINCI RAJIN MERAWAT DAN MENYUSUI ANAKNYA SENDIRI. INDUK SEDANG BERANAK HARUS MEMPEROLEH PAKAN CUKUP. Jumlah anak sekali lahir 6…

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

MEMELIHARA KOKI RAME-RAME? INI ATURANNYA

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

MEMELIHARA IKAN KOKI SECARA BERAMAI-RAMAI DALAM SATU AKUARIUM ITU MENARIK. NAMUN, BENERAPA HAL INI WAJIB DIPERHATIKAN. Populasi yang terlalu padat…

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

TIPS MEMOLES WARNA IKAN MASKOKI

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

TANPA PERAWATAN BENAR, WARNA MASKOKI PASTI PUDAR. BERIKUT TIPS MEMPERSERAH TUBUH MASKOKI. Maskoki butuh sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.…

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

TIPS MEMPERBESAR KEPALA RANCHU

Teguh Jiwa BrataSep 22, 2022

SELAIN PERAWATAN YANG BAIK, PAKAN JUGA BERPERAN BESAR MEMBENTUK TUBUHBIKAN MASKOKI RANCHU, TERMASUK BAGIAN KEPALANYA. Untuk mempercepat pertumbuhan kepala ikan…

error: Content is protected !!