ALIGATOR vs BUAYA, SIMAK PERBEDAANNYA!

ORANGTUA IDAMAN – Aligator dan buaya termasuk dalam ordo Crocodolia. Keluarga besar mereka sudah berusia lebih dari 80 juta tahun

Meskipun demikian, nenek moyang mereka telah ada jauh lebih lama. Saat itu, buaya berbagi tempat hidup dengan dinosaurus. Buaya selamat dari zaman es, sedangkan dinosaurus tak mampu bertahan dan punah.

Semua buaya yang ada dijumpai saat ini adalah hewan bertubuh panjang, bersisik, dengan kaki kekar dan gigi runcing dan tajam. Termasuk satwa ampibi atau semi-akuatik. Menghabiskan waktu di darat dan di air.

Beberapa buaya purba mungkin memiliki juga memakanan tumbuhan, sedangkam buaya modern adalah pemakan daging.

Aligator vs Buaya
Ada beberapa perbedaan antara aligator dan buaya yang harus kamu ketahui. Aligator memiliki kepala lebar dan tumpul dengan moncong bulat berbentuk U. Warna tubuhnya cenderung lebih gelap dari buaya dan cenderung tidak agresif.

Perbedaan anatomi kepala Aligator dan Buaya. (Sumber: Encyclopedia Britannica, inc.)

Ketika mulutnya tertutup, kamu hanya bisa melihat gigi atas mengarah ke bawah. Aligator lebih suka hidup di daerah rawa berair tawar. Meskipun demikian, beberapa aligator juga pernah dijumpai sedang memangsa hiu di perairan asin.

Sementara itu, buaya memiliki moncong berbentuk V yang lebih panjang. Cenderung berwarna lebih pucat daripada aligator. Mereka lebih suka hidup di air asin dan lebih agresif daripada aligator. Ketika mereka menutup mulut,  seringai gigi – gigi bawah mereka terlihay mencuat ke arah atas.

Aligator hanya ditemukan di Amerika Serikat dan Cina, sedangkan buaya ditemukan di seluruh dunia.

Habitat
Buaya mempunyai kelenjar khusus di lidah yang berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan garam di lidah. Hal itu membuat buaya bisa bertahan hidup berhari-hari atau berminggu-minggu di perairan asin.

Sama seperti buaya, aligator juga mempunyai kelenjar khusus seperti itu. Namun, tidak berfungsi baik, sehingga mereka lebih senang dan nyaman tinggal di habitat air tawar. Walaupun beberapa aligator juga sering ditemui di air payau.

Dilansir dari Owlcation, ukuran tubuh buaya dewasa lebih besar dibanding aligator dewasa. Buaya dewasa tumbuh hingga 5 meter lebih. Sedangkan aligator dewasa hanya memiliki ukuran tubuh maksimal 4 meter.

Warna kulit buaya cenderung berwarna coklat muda. Sedangkan kulit aligator abu-abu kehitaman, bergantung pada habitatnya.

Uniknya, warna kulit aligator juga dipengaruhi oleh kualitas air tempat hidupnya. Jika terdapat alga atau ganggang di perairan tersebut, maka kulit aligator berubah menjadi lebih hijau. Sedangkan adanya asam tanat dari pohon di sekitar perairan, akan membuat kulitnya lebih gelap.

Aligator memiliki kecepatan berjalan atau berlari lebih cepat dibanding buaya. Kecepatannya bisa mencapai 18 kilometer per jam. Sedangkan buaya hanya memiliki kecepatan maksimum sekitar 14 kilometer per jam.

Saat berada di dalam air, aligator bisa berenang dengan kecepatan 32 kilometer per jam. Sedangkan buaya, kecepatannya hanya 15 kilometer per jam (orangtuaidaman.com)

Sumber: science.org

ARTIKEL MENARIK LAINNYA

error: Content is protected !!