YUK, BERKENALAN LEBIH AKRAB DENGAN MAMALIA

ORANGTUA IADAMAN – Ada banyak jenis hewan di sekitar kita, salah satunya adalah hewan jenis mamalia. Apa saja kah yang termasuk jenis mamalia? Yuk, simak lebih lanjut.

Mamalia adalah hewan menyusui. Termasuk binatang vertebrata atau bertulang belakang. Punya ciri-ciri sebagai berikut: berkelenjar susu, melahirkan anak, dan berambut.

Kalian pasti pernah minum susu. Jadi sekarang kalian tahu, sapi itu termasuk jenis binatang mamalia.

Susu diminum anak sapi sebagai bahan makanan pada awal masa pertumbuhan. Cairan putih ini banyak mengandung zat gizi.

Lemak berfungsi sebagai sumber energi, protein penting bagi pertumbuhan, kalsium dan magnesium menyokong pertumbuhan tulang, dan beragam zat gizi penting lainnya.

Air susu yang keluar pada saat awal kelahiran mengandung kolostrum. Zat ini berguna sebagai antibodi, penting untuk daya tahan tubuh.

Beberapa jenis mamalia dilengkapi kantung di bagian perutnya. Beguna untuk enggendong anak-anak mereka. Contoh hewan berkantung tersebut yaitu kanguru, dan tupai terbang atau sugar glider.

Mamalia adalah hewan vivipar atau melahirkan. Walau demikian ada jenis hewan mamalia yang bertelur, yaitu platypus.

Ciri khas lain yang disandang mamalia yaitu punya ruas tulang belakang sebanyak 7 ruas. Namun, tidak semua mamalia punya tulang belakang. Misalnya kukang dan ikan duyung.

Soal tempat hidup, mamalia dibedakan menjadi dua golongan. Yaitu mamalia laut dan mamalia darat.

Mamalia darat beraktivitas lebih banyak di darat. Mereka mencari makan, berkembang biak di darat.

Sementara itu, mamalia laut hidup di laut. Misalnya paus, hiu, dan lumba-lumba.

Sebelum lahir, bayi mamalia di dalam kandungan induk memperoleh makanan dari plasenta. Plasenta adalah kantung sari-saei makanan. Plasenta juga sering disebut sebagai ari-ari.

Selain itu, plasenta juga menyediakan zat-zat anti bodi yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh,

Ciri khas lainnya yaitu adanya kuku di kaki. Ada yang berjumlah ganjil, ada pula yang berjumlah genap.

Mamalia berkuku genap contohnya yaitu sapi, rusa, dan kerbau.  Sedangkan mamalia berkuku ganjil contohnya yaitu kuda, keledai dan zebra.

Mamalia punya pola hidup mengasuh anak. Mereka merawat, memberi makanan, dan melindungi anak-nanaknya sampai dapat hidup mandiri.

Anak-anak belajar dari induk dan meniru tingkah laku induknya untuk bertahan hidup. Misalnya, anak singa yang meniru induknya dalam hal berburu mangsa.

Beberapa spesies mamalia berkecerdasan bagus. Mereka mampu mempelajari hal-hal baru. Misalnya yaitu tikus yang dapat belajar dan melakukan hal-hal baru, sesuatu yang penting dilakukan saat mereka berada di tempat baru.

Berdasarkan ukurannya, mamalia dibedakan menjadi dua. Yaitu mamalia besar dan mamalia kecil.

Mamalia besar memiliki bobot lebih dari 5 kg. Contohnya: sapi, kerbau, domba, dan kuda.

Sedangkan mamalia kecil bobot badannya kurang dari 5 kg. Contohnya tukus, marmut, tupai, dan hamster. (orangtuaidaman.com)

LITERASI MENARIK LAINNYA

error: Content is protected !!