KURA-KURA OCEAN PARK: MENGUAK MISTERI BAWAH LAUT DALAM PERUT KURA-KURA

ORANGTUA IDAMAN – Meskipun disebut kura-kura, bangunan ini sesungguhnya meniru jenis penyu sisik. Di dalam perutnya tersimpan misteri bawah laut.

Ketika masuk ke dalamnya, pengunjung digiring menyusuri sebuah lorong atau terowongan misteri. Di dalamnya, pengunjung dapat menyaksikan aneka biota laut. Sisi kanan dan kiri terowongan itu adalah akuarium raksasa.

Di salah satu satu akuarium itu gerombolan ikan kerapu malabar grouper berenang tenang. Mereka tak takut dan tak terusik oleh tamu yang medekati akuarium. Kerapu-kerapu itu tetap kalem nerenang di dekat kaca.

Di sisi lain terowongan itu, hiu terlihat aktif berenang kesana-kemari. Begitu pula penyu sisik yang selalu asyik mencari makan di sela-sela batu karang di dalam akuarium itu.

Ikan kakap putih, dan kakap jenaha hilir mudik dalam kelompoknya masing-masing. Tak terlewatkan pula berbagai ikan kecil terlihat asyik berkeliaran di antara batu karang. Ekor kuning, botana, triger dan berbagai jenis ikan yang lain.

Dalam akuarium yang terpisah pengunjung bisa menemui ikan buntal dan berbagai jenis ikan air tawar. Diantaranya, ikan bawal, dan ikan piranha perut merah.

Keluar dari terowongan, Anda akan menjumpai kolam sentuh berisi ikan komunitas air tawar, kura-kura jinak, juga Kolam Fish Spa yang berisi ribuan ikan Garra Rufa berasal dari Turki.

Setelah puas menikmati koleksi fauna di terowongan misteri bawah laut, bergegaslah naik ke lantai dua. Dari lantai ini, pengunjung bisa melihat pemandangan akuarium dari atas.

Menyaksikan Pantai Kartini daei kaki kura-kura

Setelah puas di dalam perut kura-kura, Anda bisa menikmati segarnya angin laut. Keluar dari gedung itu, menuju bagian kaki kura-kura.

Dimana Lokasinya?
Kura-kura Ocean Park terletak di dalam kawasan Pantai Kartini. Lokasinya hanya berjarak 20 menit dari pusat Kota Jepara.

Bangunan penyu raksasa dipilih sebagai salah satu bentuk presentasi bahwa Kota Jepara sebagai tempat membudidayakan penyu sisik. Fauna itu merupakan fauna khas Pulau Karimunjawa. Upaya pelestarian penyu sisik berlokasi di Pulau Menjangan Besar.

Bagaimana tarif masuknya? Karena lokasinya menjadi satu dengan Pantai Kartini, pengunjung harus membayar tiket masuk Pantai Kartini terlebih dulu seharga Rp 5000 per orang. Lalu tiket masuk Kura-kura Ocean Park seharga Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 bagi pengunjung dewasa.

INI LHO, BEDA KURA-KURA DENGAN PENYU

Penyu
Penyu lebih hidup di laut. Hanya penyu betina yang ke darat ketika akan bertelur. Setelah bertelur, penyu kembali lagi ke laut.

Penyu yang baru menetas segera menuju ke laut. Keempat kaki penyu berubah menjadi seperti sirip yang membantunya berenang di laut.

Penyu tidak dapat memasukkan kepalanya ke dalam tempurung. Penyu memakan ikan-ikan kecil dan ubur-ubur di laut.

Kura-kura
Hidup di darat dan air tawar. Kura-kura punya tempurung keras. Tempurung kura-kura memiliki lapisan luar terdiri dari sisik-sisik yang keras dan lapisan dalam berwujud lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat.

Kura-kura punya kuku tajam pada keempat kakinya untuk membantunya berjalan di darat.

Bila terancam bahaya, kura-kura akan memasukkan kepalanya ke dalam tempurung. Kura-kura memakan tumbuhan dan serangga.

INI LHO LOKASINYA, Silakan klik gambar

Loka wisata menawan lainnya

PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

Teguh Jiwa BrataAug 4, 20223 min read

ORANGTUA IDAMAN – Pantai Kartini kian rupawan. Tak…

PULAU SEBESI: ZAMRUD TERSEMBUNYI DI SELAT SUNDA

PULAU SEBESI: ZAMRUD TERSEMBUNYI DI SELAT SUNDA

Teguh Jiwa BrataJun 29, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Tak sekadar menyandang kemolekan bentang…

WARUNG KOPI JEMBATAN SOMOSARI: MANDI DI KALI BERSAMA SECANGKIR KOPI

WARUNG KOPI JEMBATAN SOMOSARI: MANDI DI KALI BERSAMA SECANGKIR KOPI

Teguh Jiwa BrataJun 25, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sepotong ‘surga’, kudapan sederhana, bersanding…

Load More

JALAN-JALAN JANGAN LUPA JAJAN

KISAH TERCIPTANYA BATAGOR

KISAH TERCIPTANYA BATAGOR

Teguh Jiwa BrataAug 6, 20221 min read

ORANGTUA IDAMAN – Batagor ‘lahir’ di Bandung. Batagor adalah akronim dari bakso tahu goreng. Isan adalah penjual bakso keliling di…

KOPI JAWA: DIGORENG DALAM SEJARAH PERBUDAKAN

KOPI JAWA: DIGORENG DALAM SEJARAH PERBUDAKAN

Teguh Jiwa BrataJul 29, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Di balik meriah warung kopi kelas kaki lima dan hinggar bingar caffe, kopi nusantara pernah melewati sejarah…

KULINER BURUNG PIPIT: BUDAYA, MITOS & NAFSU PRESTISIUS

KULINER BURUNG PIPIT: BUDAYA, MITOS & NAFSU PRESTISIUS

Teguh Jiwa BrataJul 13, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Tongseng, oseng-oseng, krengseng, dan satai emprit, hingga semur gelatik menawarkan 101 sensasi bagi penikmatnya. Sensasi semu itu…

SAYUR ASEM JOGLO H. MATALIH: 40 TAHUN MENGAWAL RASA SPESIFIK BETAWI

SAYUR ASEM JOGLO H. MATALIH: 40 TAHUN MENGAWAL RASA SPESIFIK BETAWI

Teguh Jiwa BrataJun 28, 2022

ORANGTUA IDAMAN — Bagi masyarakat Jakarta, soal sayur asem, H. Matalih jawaranya. Kedai legendaris itu berlokasi di Jalan Raya Joglo,…

PASAR DURIAN KUTO PALEMBANG: ICIP-ICIP DURIAN LEGIT TAK KENAL MUSIM

PASAR DURIAN KUTO PALEMBANG: ICIP-ICIP DURIAN LEGIT TAK KENAL MUSIM

Teguh Jiwa BrataJun 23, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Berlimpah, tak kenal musim, dan pantang tutup alias buka 24  jam. Hal itu membuat Pasar Durian Kuto…

error: Content is protected !!