PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

ORANGTUA IDAMAN – Pantai Kartini kian rupawan. Tak lagi tampil ala kadarnya bermodal kedai-kedai seafood, mi gelas dan Kura-kura Ocean Park. Taman nyaman disana siap memikat dan menjerat wisatawan.

Pagi awal Bulan Agustus udara dingin menyelimuti Pantai Kartini. Angin Selatan tak henti-henti mengembus, menambah dingin pesisir Kartini.

Suasana masih sepi. Gelombang laut pun seakan malas menggeliat. Kicau burung trucuk (Pycnonotus goiavier) dan kutilang bersahutan. Tekukur berkawan perkutut liar asyik menikmati pagi di atas jalur pedistrian taman.

Gazebo-gazebo kayu di bawah tajuk pepohonan rindang menawarkan kenyamanan. Kios-kios jajanan ditata rapi. Lingkungan bersih, di setiap sudut disediakan tempat sampah.

Pelan-pelan sinar matahari pagi menyibak selimut udara dingin. Satu per satu mesin perahu menderu. Berjaga-jaga menjemput rejeki dari wisatawan tujuan Pulau Panjang.

Tak lama kemudian, riuh wisatawan terdengar. Beberapa di antaranya bergegas menyeberang menuju Pulau Panjang. Pelancong lain asyik berswa foto di taman Pantai Kartini.

Taman itu kini ditata. Membuat siapa pun yang bertandang kesana betah berlama-lama.

Para pekerja bangunan tak terusik oleh rasa ingin tahu wisatawan. Mereka tetap berfokus melayani Pantai Kartini yang tengah berbenah dan berdandan.

Kereta kuda kayu terlihat setia melayani wisatawan berswa foto.  Di sebelahnya, di bawah pohon ficus (beringin) terdapat permainan dakon berukuran besar. Dolanan tradisional yang konon disuka R. A. Kartini.

Ada pula tugu berundak yang tak kalah asyik sebagai tempat duduk-duduk sembari melahap pemendangan Laut Jawa. Dibangun berlapis bata ekspos. Terlihat modern, namun tetap mempertahankan aroma etnik yang estetis.

Dari tempat itu, bila Anda berpaling ke arah selatan, ayunan dan arena panjat tali tak kalah menarik untuk dicoba. Dibangun bukan dengan besi, melainkan berbahan kayu.  Disini, sekali lagi kesan modern dan alami dihadirkan.

Rumah pohon berdiri kokoh sekitar 10 langkah dari tempat itu. Teduh di bawah pohon ketapang sebagai tulang punggung penyangganya.

Pesawat Cessna tua yang dulu dikurung di dekat panggung hiburan, kini bergaya melanggang di samping rumah pohon. Bekas kandang pesawat itu kini disulap menjadi sangkar burung dan kandang rusa.

Trus Karya Tataning Bumi melekat di lambung pesawat ini. Sama seperti Pantai Kartini Yang terus berbenah diri.

Tepat di hadapan pesawat itu, tiga buah gapura menatap ke laut. Jalan setapak berlapis kayu di depannya menuntun langkan masuk ke dalam bangunan menjorok ke laut.

Pantai Kartini saat pagi (Foto: Teguh Jiwa Brata)
Pantai Kartini saat senja (Foto: Teguh Jiwa Brata)

Selasar kayu menjadi alas bangunan itu. Tiga kursi kayu membujuk Anda kembali menikmati molek wajah Pantai Kartini. Dari sini, ketika senja tiba, wisatawan setia mengantar rona merah mentari pulang ke peraduan (orangtuaidaman.com)

Disini lokasinya, KLIK GAMBAR

SIMAK JUGA LOKAWISATA INI

PULAU SEBESI: ZAMRUD TERSEMBUNYI DI SELAT SUNDA

PULAU SEBESI: ZAMRUD TERSEMBUNYI DI SELAT SUNDA

Teguh Jiwa BrataJun 29, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Tak sekadar menyandang kemolekan bentang…

WARUNG KOPI JEMBATAN SOMOSARI: MANDI DI KALI BERSAMA SECANGKIR KOPI

WARUNG KOPI JEMBATAN SOMOSARI: MANDI DI KALI BERSAMA SECANGKIR KOPI

Teguh Jiwa BrataJun 25, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sepotong ‘surga’, kudapan sederhana, bersanding…

PANCURAN PITU BATURRADEN: BERENDAM AIR HANGAT BERBONUS PIJAT URUT

PANCURAN PITU BATURRADEN: BERENDAM AIR HANGAT BERBONUS PIJAT URUT

Teguh Jiwa BrataJun 17, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sebutan wisata kesehatan lebih cocok…

Load More

LOAT IN INDONESIA

KISAH TERCIPTANYA BATAGOR

KISAH TERCIPTANYA BATAGOR

Teguh Jiwa BrataAug 6, 20221 min read

ORANGTUA IDAMAN – Batagor ‘lahir’ di Bandung. Batagor adalah akronim dari bakso tahu goreng. Isan adalah penjual bakso keliling di…

ELANG JAWA DAN GARUDA PANCASILA

ELANG JAWA DAN GARUDA PANCASILA

Teguh Jiwa BrataAug 5, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Sejak dulu, garuda adalah satwa penuh makna bagi Bangsa Indonesia. Kelekatan garuda dalam sanubari anak negeri dibuktikan…

PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

PANTAI AKARTINI BERSOLEK: KIAN MOLEK TAK MENJEMUKAN

Teguh Jiwa BrataAug 4, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Pantai Kartini kian rupawan. Tak lagi tampil ala kadarnya bermodal kedai-kedai seafood, mi gelas dan Kura-kura Ocean…

BUKAN KLEIN SCHEVENINGEN KECIL: TIRTA SAMUDERA TETAP KHAS TANPA DIBANDINGKAN

BUKAN KLEIN SCHEVENINGEN KECIL: TIRTA SAMUDERA TETAP KHAS TANPA DIBANDINGKAN

Teguh Jiwa BrataAug 3, 2022

ORANGTUA IDAMAN – R. A. Kartini pernah berkata, Pantai Tirta Samudera adalah Pantai Klein Scheveningen Kecil. Konon, pantai ini adalah…

KOPI JAWA: DIGORENG DALAM SEJARAH PERBUDAKAN

KOPI JAWA: DIGORENG DALAM SEJARAH PERBUDAKAN

Teguh Jiwa BrataJul 29, 2022

ORANGTUA IDAMAN – Di balik meriah warung kopi kelas kaki lima dan hinggar bingar caffe, kopi nusantara pernah melewati sejarah…

error: Content is protected !!