PILAH-PILIH PAKAN ANAK ANJING

SATWA MAMALIA – Setiap penyayang anjing pasti  ingin puppy yang dipelihara tumbuh besar.  Pakan serta suplemen yang disuguhkan berlebihan tidak  menjamin anjing tumbuh baik.  Pilih pakan berkualitas, sesuaikan jenis dan usia anak anjing.

Susu, pakan serta suplemen komplit dalam jumlah banyak sering disalah artikan sebagai syarat penunjang tumbuh-kembang anak anjing.  Padahal penyajian jenis susu, suplemen dan pakan itu tidak asal banyak.  Kualifikasi dan takaran yang tidak sesuai usia serta kebutuhan anjing justru dapat membahayakan kesehatan binatang penggonggong itu.  Misalnya, jenis susu yang banyak mengandung laktosa bisa memicu anjing mencret.  Sedangkan gizi pakan yang tidak cocok justru terbuang sia-sia. 

Lantas jenis pakan dan suplemen apa yang cocok dihidangkan bagi anak anjing?  Langkah pertama sebelum memutuskan membeli pakan yaitu menyimak serta mencermati komposisi yang tertera di kemasan.  Hindari pakan yang terlalu banyak mengandung zat pewarna.

Pakan bereputasi baik mencantumkan zat aditif yang dibubuhkan.  Pakan anjing berkualitas diakui dan mendapat ijin Association of American Feed Control Officials (AAFCO). 

Simak Spesifikasi Pakan
Ada beberapa kualifikasi pakan anjing yang harus dikenal.  Diantaranya yaitu klasifikasi pakan puppy yang diperuntukan bagi anjing berusia 6 minggu – 4 bulan,  Junior pakan anjing berusia 4 bulan – 1 tahun, regular adalah menu wajib bagi anjing berusia 1 tahun – 4 tahun, dan maintenance pakan anjing uzur yang telah berusia di atas 4 tahun.

Pakan kategori puppy mengandung banyak protein.  Nutrisi ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan otot, kulit dan rambut.  Pakan kualifikasi junior mengandung protein lebih sedikit dibanding pakan kualifikasi puppy.  Sebab pada usia 4 bulan – 1 tahun pertumbuhan anjing tersebut sudah tidak sepesat anjing berusia 6 minggu – 4 bulan.

Walau demikian, pada usia 4 bulan – 1 tahun anjing butuh banyak asupan kalsium.  Sebab pada usia itu anjing dalam masa pertumbuhan.  Ketika berusia 4 tahun, anjing tidak mengalami pertumbuhan lagi.  Oleh karena itu kandungan kalsium, protein, magnesium dan pospor di dalam makanannya harus dikurangi. 

Tiap ras anjing punya usia pertumbuhan berlainan.  Anjing ras kecil misalnya poodle,  pomeranian, pada usia satu tahun pertumbuhannya sudah berhenti.  Sedangkan anjing ras anjing besar seperti Golden retriever tumbuh sampai usia 1,5 tahun, Rottweiler dan great dane tumbuh sampai usia 2 tahun.

Menurut Drh. Yuliani, dokter praktik di Jakarta Barat, selama masih dalam kandungan kebutuhan nutrisi anjing sudah harus dipenuhi.  Pada usia kehamilan 5 minggu porsi pakan wajib ditambah.  Selain itu, menunya pun harus diubah.  Pada waktu itu menu harian yang disuguhkan yaitu campuran pakan adult dengan pakan kategori puppy.  Pada usia bunting 7 minggu menu yang disuguhkan total berupa pakan berkategori puppy

Anjing kategori puppy berusia 6 minggu – 4 bulan  butuh menu yang mengandung protein sebesar 30%, lemak 16%.  Sedangkan anjing yang telah masuk kategory junior berusia 4 bulan – 1 tahun butuh menu yang mengandung protein sebesar 28% dan lemak 16%.

Anak anjing disapih oleh induknya pada usia 6 minggu.  Di bawah usia 6 minggu, anak anjing belum bisa menyantap menu buatan.  Sebab ia belum memiliki gigi lengkap dan kuat.  Jika sudah disapih, kita bisa mulai memberinya makanan buatan.  Pilih dog food kering ketegori puppy.  Masukkan menu itu kedalam air hanggat.  Hancurkan hingga berubah menjadi bubur.  Suguhkan bubur hangat tersebut kepada anjing kesayangan Anda 4 kali sehari.  Porsi jangan terlalu besar.  Cukup 1 mangkok sekali makan.  Sebab ia sedang belajar makan.

Jangan lupa cermati kandungan-kandungan aditif yang terdapat dalam pakan.  Hal seperti ini memang sulit dilakukan.  Berbagai produk pakan anjing bermerek memang telah mencantumkan takaran zat aditif pada kemasan.  Zat aditif ditambahkan ledalam pakan bertujuan untuk memberi aroma, memberi warna, dan mengawetkan pakan.

Contoh zat aditiv berbahaya diantaranya yaitu BHT (buthylated hydroxyanisole) dan BHA (buthylated hydroxytoluena).  Kedua zat ini bervungsi untuk bahan antioksidasi alias bahan pengawet.  Kandungan BHT dan BHA yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa mengakibatkan anjing menderita kerusakan hati, kanker, dan gangguan pertumbuhan janin.  ambang batas aman konsumsi BHT dan BHA, yaitu 1-4 pikogram (sepertriliun gram) dioksin per-kilogram berat badan anjing. 

Contoh aditif lain yang sering ditambahkan yaitu Ethoxyquin.  Bahan ini juga bertugas sebagai zat antioksidasi.  Gangguan yang bisa diakibatkan diantaranya yaitu gangguan kulit, rambut rontok, diare, dan gangguan kerja darah merah.  Kandungan Ethoxyquin dalam dog food tidak boleh melebihi 150 bagian persejuta (ppm).  Atau sekitar 0,015%.

Anda juga musti mewaspadai pakan dengan warna yang mencolok dan terkesan tidak alami.  Sebab dog food seperti itu banyak mengandung zat pewarna.  Bahan pewaran tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada anjing.  Semisal kanker, dan kerusakan hati.  Kandungan zat pewarna dalam dog food tidak boleh melebihi 200 bagian persejuta (ppm).  Atau 0,02%.

Suplemen Penting
Selama masa pertumbuhan, anak anjing harus banyak mengonsumsi susu.  Sebab minuman sehat tersebut banyak mengandung Pospor, Kalsium, dan Magnesium.  Zat-zat itu sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang yang kuat.  Anda juga bisa meberikan dog food kategori puppy yang dilengkapi dengan asam amino DHA.  Zat ini dipercaya bisa membantu pertumbuhan otak anjing.  Sehingga sewaktu sudah dewasa diharapkan ia bisa menjadi anjing yang cerdas.

Pada usia 6 minggu anak anjing masih boleh minum susu.  Berikan susu khusus anjing.  Susu seperti itu tidak mengandung laktosa.  Sehingga anak anjing bisa terhindar dari penyakit mencret.  Harga susu khusus untuk anjing memang boleh dibilang mahal.  Bagi yang berkantong cekak,  susu seperti itu bisa diganti dengan susu yang biasa diminum manusia.  Perhatikan kandungan gizi susu yang tertera di kemasan.  Pilih susu yang tidak mengandung laktosa.  “Kalau saya sih biasa memakai susu SGM 1 atau Bebelak yang free lactose.  Itupun harus disuguhkan encer.  Dosisnya cukup setengah dari takaran normal untuk manusia,”tegas Yuliani di ruang kliniknya.

Anjing muda itu wajib minum susu 2 kali dalam sehari.  Yaitu pada waktu pagi dan sore hari.  Selain susu, anjing ras besar juga musti mendapat suplemen pendukung pertumbuhan.  Semisal Kalsium, vitamin B, dan Vitamin C.  Suplemen seperti itu banyak dijual di pet shop atau klinik hewan. 

Selamat berbelanja dog food.  Semoga njing Anda cepat besar (orangtuaidaman.com).

INFO
Gizi Wajib Anjing Puppy dan Senior

Tabel berikut ini berisi takaran nutrisi yang harus terdapat dalam setiap kilo pakan anjing. Tabel ini bisa Anda pakai sebagai pedoman ketik berbelanja dogfood.

Kalsium
minimum 16 g

Phospor
minimum 11 g

Garam
minimum 5 g

Magnesium
minimum 4 g

Vitamin A
minimum 9000 iu

Vitamin D3
minimum 900 iu

Vitamin E
minimum 80 mg

Vitamin K
minimum 4 mg

Vitamin B1(Thiamin)
minimum 8 mg

Vitamin B2 (Riboflavin)
minimum 6 mg

Vitamin B6
minimum 3 mg

Vitamin B12
minimum 20 ug

Biotin
minimum 300 ug

Asam Pantothenic
minimum 24 mg

Asam Folic
minimum 0.8 mg

Niacin
minimum 160 mg

Cobalt
minimum 0.5 mg

Tembaga
minimum 14 mg

Iodine
minimum 1 mg

Zat Besi
minimum 150 mg

Mangan
minimum 100 mg

Selenium
minimum 0.15 mg

Zeng
minimum 130 mg

Choline
minimum 1100 mg


ANEKA SATWA RUMAHAN


error: Content is protected !!