ANJING SEHAT BERKAT SAMPO TEPAT

SATWA RUMAHAN – Ragam merk serta harga sampo anjing  di etalase pet shop sering membuat penyayang anjing jadi pusing.  Jangan bingung! Artikel ini menuntun Anda memilih sampo anjing yang tepat.

Ada banyak merk sampo yang dijual di pet shop.  Harganya pun bervariasi.  Mulai dari yang puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.  Namun biar Anda tidak bingung, abaikan saja soal merk dan harga.  Baca spesifikasi yang tertera di kemasan, lalu pilih yang cocok untuk anjing peliharaan Anda.

2 Keluarga Besar Sampo
Menurut fungsinya sampo anjing dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu sampo terapi (medicated shampoo) dan non terapi.  Sampo terapi berfungsi untuk  mengatasi problem kulit serta bulu pada  anjing. 

Semisal infeksi bakteri, jamur dan serangan kutu (parasit).  Shampo seperti itu dicampur dengan berbagai ramuan obat dan piretrin alias zat pengusir kutu. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan aturan pakainya. 

Sampo non terapi bisa Anda pakai untuk perawatan rutin anjing.  Berbagai sampo non terapi juga dilengkapi dengan kondisioner.  Jadi sampo seperti itu cocok jika hendak Anda gunakan untuk merawat anjing berambut panjang dan lebat.  Pilihlah shampoo ini sesuai dengan warna rambut anjing yang Anda pelihara.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan
Kebiasaan hidup menjadikan kebutuhan tiap anjing butuh sampo yang berbeda. Anjing yang gemar bermain di got tentu menghendaki jenis sampo yang beda dengan anjing gedongan. Selain itu ada pula sampo yang diramu khusus buat anjing yang aktif mengikuti lomba. Kandungan mentol di dalamnya bisa memberikan rasa sejuk.  Sehingga bisa mengusir rasa capai seusai mengikuti kontes. Anjing pun terjauh dari rasa stres. 

Tipe rambut serta jenis anjing juga harus Anda perhatikan.  Sebab tiap jenis anjing punya sifat rambut serta tingkat sensitifitas kulit yang berlainan.  Ras Yorkshire terrier dan Chihuahua memiliki rambut yang panjang tapi jarang.  Sedangkan ras Chowcow rambutnya lebih pendek tapi tingkat kelebatannya lebih tinggi.  Menurut pengalaman Drh. Perdana Winata, dokter hewan paktik di Kebon Jeruk Jakarta, Ras anjing bermoncong pendek semisal Pug dan Bull dog memiliki kulit yang sensitive.  Ras lain yang lebih rentan yaitu Herder atau Anjing Gembala Jerman.

Secara alamiah kulit anjing sudah mempunyai sistim kekebalan.  Berbagai bakteri yang berada di permukaan kulit tidak selamanya merugikan.  Jenis bakteri menguntungkan akan memangsa jenis bakteri penybab penyakit. Pemakaian sampo yang asal-asalan bisa bisa merusak ekosistim kulit tadi.  Bakteri menguntungkan akan ikut mati.  Akibatnya kulit anjing jadi mudah terinfeksi dan mengalami iritasi. 

Gejala ketidak cocokan sampo pada anjing umumnya ditandai dengan munculnya ketombe.  Rasa gatal menjadikan anjing sering menggigit dan menggaruk kulit.  Akibatnya kulit akan memerah dan meradang.  Jika hal ini dibiarkan maka, hal itu bisa menyebabkan kulit jadi luka dan mudah terinfeksi bibit penyakit.

Jangan samakan sampo anjing dengan shampoo manusia.  Sebab kulit mausia dengan anjing itu beda.  Kulit anjing tidak memiliki saluran keringat alias pori-pori seperti yang ada pada kulit manusia.  Binatang ini mengurangi rasa gerah bukan melalui pori-pori melainkan dengan cara menghembuskan udara lewat mulut.  Jadi kulit dan rambut manusia lebih mudah kotor bila dibanding dengan kulit serta rambut anjing.  Makanya sampo manusia lebih keras dari sampo anjing. 

Dalam keadaan yang terpaksa, Anda bisa menggunakan sampo bayi untuk mengeramasi anjing.  Sampo tersebut memiliki kandungan soda api yang rendah.  Jadi lebih aman jika hendak dipakai untuk memandikan anjing.

Nah, sekarang Anda tak perlu bingung lagi.  Beli sampo yang cocok, jangan yang mahal!(orangtuaidaman.com).


SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA

error: Content is protected !!