8 TIPS JITU MEMUPUK RASA INGIN TAHU ANAK

ORANGTUA IDAMAN – Memberi kesempatan kepada anak memperoleh jawaban atas setiap rasa ingin tahunya itu penting sebagai pendukung tumbuh kembang mentalnya.

Rasa penasaran dan keingintahuan adalah salah satu cara Ananda belajar. Dukungan yang Bunda berikan terhadap setiap rasa keingintahuannya adalah  titik awal prestasi Ananda.

Berikut 8 tips memupuk dan mengembangkan rasa ingin tahu dalam diri Ananda:

1. Kenalkan Ananda kepada dunia. Bepergian, pergi berkemah, lintas alaman, pergi ke museum dan memperkenalkan Ananda dengan berbagai budaya.

2. Aktivitas Out Door. Bunda juga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri Ananda melalui berbagai kegiatan keluarga di rumah. Misalnya berjalan-jalan, membuat kue, berkebun, atau berkunjung ke kebun binatang.

3. Pengalaman lebih berharga dan dibutuhkan daripada sekadar hadiah. Anak-anak mengingat pengalaman, kegembiraan yang mereka rasakan dan dialami. Kenangan tersebut bisa bertahan seumur hidup.

4. Motivasilah agar rajin bertanya. Ajak Ananda mengucapkan secara lantang berbagai pertanyaan. Misalnya, “Saya ingin tahu mengapa daun pohon berwarna hijau?”

5. Dukunglah minat alaminya. Jika anak tertarik pada suatu kegiatan, beri mereka kesempatan melakukan kegiatan tersebut.

6. Latih Ananda mengajukan pertanyaan terbuka. Gunakan kata-kata seperti siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Pertanyaan terbuka, memungkinkan Ananda menggali lebih dalam sebuah topik. Memungkikan Ananda mengajukan pertanyaan-pertanyaan lain yang masih dalam satu topik.

7. Latihlah Ananda berpikir cepat. Ketika anak Anda memiliki pertanyaan, tanyakan pendapat mereka terlebih dahulu sebelum menjawab.

8. Biarkan Ananda tetap menjadi anak-anak. Permainan tidak terstruktur adalah cara yang bagus untuk memelihara dan mengembangkan rasa ingin tahu dan rasa penemuan.

Sumber: Mayo Clinic



BELAJAR CARA BELAJAR


PSIKIS


error: Content is protected !!