APA ITU EKSOPLANET? YUK BERKENALAN

ORANGTUA IDAMAN – Eksoplanet adalah planet-planet yang berada di luar tata surya. Mereka punya matahari sendiri. Proxima b, HAT-P-11b, dan Kepler-453b adalah contohnya.

Agar dapat dikatakan sebagai Planet, ada benerapa kriteria yang harus dipenuhi. Planet mengorbit mengelilingi bintang. Berukuran besar, sehingga punya kemampuan membersihkan objek asing yang memasuki lintasan orbitnya.

Planet bersifat pejal dan padat, gravitasi memampatkannya menjadi berwujud bola.

Dalam tata surya kita, planet-planet (termasuk Bumi) mengelilingi matahari. Matahari kita adalah bintang. Sementara itu, exoplanet punya bintang atau matahari sendiri. Mereka mengorbit mengelilingi bintang. Membentuk suatu tata suya.

Exoplanet punya ciri khas masing-masing. Beberapa Exoplanet punya dua bintang. Yang lainnya, punya atmosfer yang dipenuhi hidrogen. Ada pula yang diliputi badai petir yang lebih dahsyat daripada badai petir yang terjadi di bumi.

Exoplanet kerap menarik perhatian ilmuwan untuk mencari kehidupan. Exoplanet yang berpotensi dihuni mahluk hidup berada di zona Goldilocks.

Area tersebut berada pada jarak tertentu dari bintang. Sehungga memungkinkan air selalu dalam keadaan cair, mengalir, mengairi permukaan planet. Kondisi itu memungkinkan terjadinya hujan (orangtuaidaman.com).



PLANET DAN BINTANG


BUMI KITA


error: Content is protected !!