BEGINI LHO, TIPS JITU MENCEGAH KAKTUS BUSUK

ORANGTUA IDAMAN – Meksi termasuk flora bandel, kaktus  juga bisa diserang penyakit. Baik yang ditanam di pot maupun di taman. Ada banyak pemicunya. Butuh cara perawatan berlainan. Begini tipsnya.

Busuk akar terjadi karena akar terendam air. Hujan menjadi penyebab utama. Kaktus yang busuk sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Tinggal diangkat dan dibuang, karena sudah pasti mati. Penyebab busuk akar adalah bakteri Pseudomonas sp.

Cara pencegahannya dapat dilakukan dengan menggunakan lampu tembak di taman. Lampu itu digunakan  sebagai penerang sekaligus pengering. Dengan begitu, kondisi tanaman tidak terlalu basah. Lampu sorot biasa digunakan setelah hujan turun atau saat malam hari.

Selain lampu, pastikan media tidak banyak menyimpan air. Pasir malang merupakan media bagus bagi media kaktus. Anda dapat menambah sedikit sekam bakar.

Tertular Jamur
Selain busuk akar, batang terkena jamur juga sering mendera kaktus. Kaktus yang terkena jamur biasanya akan busuk di bagian pangkal dan keseluruhan batang. Menyebabkan pangkal batang menjadi cokelat tua kemudian muncul bulu-bulu putih miselium jamur.

Kalau sudah terkena, tanaman diangkat, kemudian dikorek jamur di batang sampai bersih, lalu diberi fungisida. Selanjutnya kaktus “dikarantina” di tempat agak jauh dari tempat penanaman. Caranya, kaktus digeletakkan di media tanam pasir tanpa ditanam, di dalam green house. Bisa juga di tempat yang dinaungi plastik. Jadi kaktus tetap terkena sinar matahari, meski tidak secara langsung. Tanaman jangan disiram langsung, hanya disiram spray saja. Dalam tempo sebulan, kaktus akan menutup lukanya dan bisa ditanam kembali di taman.

Penyakit tepung merupakan penyakit jamur lain yang sering menyerang bagian batang. Batang kaktus akan dilapisi warna putih kelabu, yang jika disentuh terasa bertepung. Lama kelamaan, batang yang tertutupi tadi akan berwarna cokelat.

Kaktus yang terjangkit jamur harus dikarantina, dipindahkan ke green house, agar tidak menular ke tanaman lain. Lalu dimembersihkan dengan sikat gigi. Setelah bersih disemprot fungisida. Dalam tempo sebulan, kaktus akan normal kembali.

Cara lain agak berbeda bisa dilakukan, kaktus berjamur langsung dipotong, bagian yang busuk dibuang. Untuk menghindari jamur, tanaman disemprot fungisida tiap bulan.



TAMAN & KEBUN KELUARGA


SATWA RUMAH


JANGAN LUPA MELESTARIKAN

error: Content is protected !!