PENYAKIT PANLEUKOPENIA: MENGINCAR KUCING SAAT MUSIM HUJAN

SATWA MAMMALIA – Panleupenia adalah penyakit menular pada kucing yang disebabkan oleh virus.  Jasad renik ini mampu  menyerang segala macam ras kucing. Baik yang Anda pelihara, ataupun kucing tak bertuan (liar).

Penyakit yang juga terkenal sebagai  Feline Panleukopenia Virus (FPV) ini paling sering  menyerang kucing usia 3-5 bulan. Walaupun bukan berarti  kucing dewasa  kebal terhadap serangannya. Tanpa pengobatan yang tepat, angka kematian karena Panleukopenia terbilang cukup tinggi. Yakni menembus angka  90 persen.

Angka yang cukup tinggi tersebut, berbanding lurus dengan kemampuan penyebarannya yang terbilang luas. Penyakit ini bisa menular  melalui kontak langsung  dan tidak langsung dengan kucing yang menderita.  Media penularannya bisa berupa air seni (urine), kotoran, sekresi hidung, wadah makan, tempat minum, alas tidur, dan pasir tempat membuang kotoran.

Diare Berdarah
Gejala penyakit yang juga disebut Feline Distemper ini diantaranya lesu, demam, penurunan nafsu makan, diare berdarah, muntah, serta dehidrasi. Pada tahap lanjut, suhu tubuh kucing jadi lebih dingin dari normal (hypothermia). Infeksi virus ini menyebabkan penurunan jumlah sel darah putih (white blood cell) sehingga membuat menurunnya sistem pertahanan tubuh kucing. Akibatnya infeksi sekunder oleh bakteri menjadi lebih mudah terjadi.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan terapi suportif, meningkatkan daya tahan tubuh kucing dan mencegah infeksi sekunder. Terapi biasanya terdiri dari pemberian infus, antibiotiik, antimuntah, dan multivitamin. Tentu saja keberhasilan terapi tergantung dari sistem kekebalan tubuh dan usia kucing. Bila terserang, kucing di bawah usia 2 bulan biasanya mempunyai harapan hidup yang lebih kecil dari pada kucing lebih dewasa.

Vaksinasi adalah cara yang dianggap paling efektif untuk mencegah serangan penyakit ini.  Langkah ini dapat diberikan pada kucing usia 2 bulan dan hanya dapat diberikan pada hewan yang sehat. Selain itu, harus diperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing. Semisal kandang, pasir tempat membuang kotoran dan air seni kucing.

Pada musim penghujan, virus akan lebih mudah menyebar dan bertahan dilingkungan. Artinya Anda harus lebih telaten menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh kucing. Semisal, sepulang kucing bermain di halaman, ada baiknya bagian kaki dilap hingga bersih. Lebih afdol lagi bila Anda memandikannya secara teratur. Langkah  ini sebaiknya diikuti dengan upaya meningkatkan daya tahan tubuhnya.  Caranya? Berikan pakan bergizi. Bila perlu, berikan multivitamin.

INFO
Pemicu

Penyebab panleukopenia adalah Parvo virus yang mempunyai  kekerabatan dekat dengan virus Parvo pada anjing. Namun virus ini tidak menular dari kucing ke anjing. Begitu juga sebaliknya.


SATWA RUMAHAN



TAMAN & KEBUN KELUARGA

error: Content is protected !!