TIPS AGAR KUCING DAN ANJING CINTA DAMAI

SATWA MAMALIA – Ternyata anjing bisa menjadi sahabat bagi kucing.  Saat bercanda, bertingkah laku atraktif dan menghibur.

Anggapan kucing selalu bermusuhan dengan anjing itu sudah tak berlaku.  Buktinya, banyak hobiis mempertemukan  anjing sebagai kawan bermain kucing.  Jika kedua jenis binatang ini dipertemukan pada waktu tepat dan cara yang benar, tak mustahil mereka menjadi sahabat setia.

Kucing Lebih Emosional
Bermain adalah kebutuhan pokok kucing yang wajib dipenuhi. Jika tidak diperhatikan, kucing bisa stres.  Anda dapat membelikan mainan supaya kucing tidak merasa kesepian. 

Meskipun postur tubuhnya kecil, kucing punya emosi yang lebih gede ketimbang anjing.  Kucing segera bereaksi ketika anjing mendekatinya.  Tak segan mencakar anjing yang nekad menerobos daerah teritorialnya.  Saudara dekat harimau ini menandai daerah kekuasaannya dengan cara menyemprotkan pipis.

Menurut pengalaman Lanny,  kucing yang kasih baru bersifat emosional.  Hewan ini cepat naik pitam jika didekati anjing.   “Kawatirnya kalau sampai cakar kucing kena mata anjing,”terang wanita yang juga gemar memelihara reptil tersebut.  

Kucing yang baru dibeli, sebaiknya jangan terburu-buru dicampur anjing. Taruh kucing dalam kandang selama 2 hingga 3 hari. Biarkan anjing berkeliaran di sekitar kandang kucing.

Jika kucing sudah tidak bersikap agresif  ketika anjing mendekat, berarti mereka siap bermain bersama.  Keluarkan kucing dari kandang.  Mulai saat itu, kucing harus sering bergaul dengan anjing.  Dibiasakan makan, bermain, dan tidur bersama. 

Perkenalan Dini
Agar cepat akur, sebaiknya mereka dibiasakan hidup bersama sejak masih kecil.  Anjing bisa berkawan dengan kucing jika sudah berusia 6 bulan.  Sementara itu,  kucing siap dipertemukan jika sudah berusia 4 – 5 bulan. Jenis anjing besar, contohnya Doberman dan Rotweiler,  bisa dibiasakannnerkawan dengan kucing sejak berusia 2 bulan.

Umumnya anjing lebih gampang menerima kucing.  Apalagi jika anjing tersebut sudah terbiasa dengan kucing.  Berbagai jenis anjing yang bisa menjadi teman setia buat kucing yaitu Shih Tzu, mini pincher, pomerian, golden retriever, dan Labrador retriever.

Metode yang sama juga dilakukan oleh Russy Erwin, ia berhasil mengakrabkan kucing persianya dengan anjing ras golden retriever.  Di rumahnya ia punya dua ekor golden retriever berjenis kelamin betina. Menurutnya anjing betina lebih familier dibandingkan anjing jantan. 

Sejak berusia 6 bulan, anjing peliharaannya sudah dibiasakan bergaul dengan kucing.  Setiap pagi mereka wajib sarapan bersama. Jenis pakan harus berbeda dan tetap harus ditaruh di dalam wadah terpisah. Sebab, kebutuhan gizi kucing dan anjing itu berbeda.  Jadi jenis pakan yang diberikan berbeda pula.  Seusai sarapan bersama, anjing dan kucing diberi kesempatan bermain di halaman untuk beberapa saat sambil berjemur matahari. 

Pendapat lain disampaikan oleh Jose, pemilik Q’riqueLand.  Pada dasarnya semua ras anjing bisa diakurkan dengan kucing.  Ras-ras anjing besar dibiasakan hidup bareng kucing saat berumur 3 bulan. 

Nah, mulai sekarang latihlah supaya  peliharaan Anda cinta damai (orangtuaidaman.com).

INFO
Menu Pakan Berbeda

Sebaiknya jangan memberi dog food kepada kucing.  Sebab dalam pakan tersebut tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan kucing.  Selain itu pakan anjing terkadang mengandung bahan pengawet.  Zat tersebut bisa meracuni kucing.


ANEKA SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA


error: Content is protected !!