TIPS MERAWAT BEKISAR: MINUM JAMU PLUS PIJAT URUT

SATWA UNGGAS – Penemu ayam bekisar memang tak tertulis dalam buku sejarah. Namun, kisah lahirnya ayam berdarah campuran ini menarik disimak.  Unggas bersuara merdu ini memiliki darah campuran antara ayam kampung dengan ayam gunung. 

Kedua moyang mereka tinggal di tampat berbeda yang berdekatan.  Gallus varius alias ayam hutan adalah kakek moyang yang tinggal di rimba.  Sedangkan Gallus domestica adalah nenek moyang yang tinggal di kampung.

Dua jenis ayam itu sering berjumpa saat mencari makan di ladang.  Kawasan itu merupakan perbatasan tempat tinggal mereka.  Yaitu hutan dan kampung.  Karena sering berjumpa, cinta lokasi akhirnya terjadi.  Mereka saling jatuh cinta, pacaran lantas kawin.  Tak lama kemudian sang nenek moyang pulang kampung dan bertelur.  Hasilnya, bayi “bekisar perdana”  lahir.

Doddy Ito bersama ayam bekisar kesayangannya.

Doddy Ito, dedengkot Keluarga Penggemar Bekisar Indonesia jatuh hati kepada ayam berdarah campuran itu.  Pria berbadan tinggi ini menuturkan, kokok ayam bekisar hanya memiliki 2 nada saja. Berbeda dengan kokok ayam jenis lain yang memiliki kokok dengan 3 nada.  Selain itu, suara bekisar bisa memberi kesan suasana berwibawa bagi rumah sang pemelihara.

Kokok bekisar dikatakan bagus bila nada pertama rendah, besar, tebal, panjang, dan bersih. Sementara nada kedua harus tinggi, panjang, tebal, lurus, serta bersih.  Selain bersuara merdu, sosok ayam bekisar juga harus terlihat sehat.  Tidak terdapat cacat.  Mata bersinar bersih dan bulu mengilat dan utuh.

Umumnya bekisar dipelihara dalam kandang indifidu.  Kandang seperti ini memungkinkan bekisar dikerek layaknya burung perkutut.  Pada pagi hari, bekisar dikerek penuh.  Kemudian, pada siang, ayam diturunkan setengah tiang, dan sore harinya diturunkan. 

Sebelum dijemur, bekisar dimandikan.  Tujuannya supaya bulu terlihat mengilat dan terbebas dari kutu.  Menu pakan yang disuguhkan yakni agung dicampur beras merah, taoge, kroto, belalang, dan jangkrik (orangtuaidaman.com).

INFO
Tips Pijat Urut Bekisar

Beberapa pehobi juga memijit ayam bekisar kesayangannya.  Usai dipijit, ayam itu diberi jamu khusus bekisar.  Bagian yang dipijit yakni disekitar pial, sayap, punggung dan paha. Sedangkan jamu yang diberikan yakni telur ayam.  Vaksin juga wajib diberikan secara terjadwal.


ANEKA SATWA RUMAHAN


error: Content is protected !!