SOBAT, INI LHO PERBEDAAN ANTARA KATAK DAN KODOK!

ORANGTUA IDAMAN – Meskipun Keduanya satu bangsa “Anura”,  kodok “toads” dan katak “frog” itu berbeda. Lantas apa saja ciri khas yang membedakan mereka berdua?

Yuk, kita simak bersama persamaan dan perbedaan antara katak dan kodok.

Perbedaan
Dalam klasifikasi ilmiah, baik katak maupun kodok termasuk dalam ordo Anura, yang berarti “tanpa ekor”. Dalam ordo Anura terdapat beberapa famili hewan, termasuk Ranidae, yang disebut sebagai katak sejati, dan Bufonidae, yang disebut sebagai kodok sejati.

Perbedaan lainnya, menurut Wildlife Preservation Canada, katak punya kaki belakang panjang dan kuat. Berfungsi untuk membantu mereka melompat. Sementara kodok memiliki kaki belakang lebih pendek lebih cocok untuk berjalan daripada melompat.

Perbedaan kaki mereka juga menyebabkan perbedaan perilaku ketika didekati manusia. Katak menggunakan kakinya yang panjang dan kuat untuk melompat ke dalam air saat didekati, sedangkan kodok cenderung diam dan menunggu. Jika kodok benar-benar melompat, lompatannya lebih pendek dari katak.

Perbedaan lain dalam hal penampilan mereka terletak di bagian mata. Katak umumnya panya mata besar dan menonjol, sedangkan mata kodok terlihat lebih datar tidak menonjol.

Perbedaan fisik yang paling menyolok antara katak dan kodok terletak pada kulit mereka. Katak punya kulit halus atau berlendir yang lembab, sedangkan kodok kulit lebih tebal dan banyak tonjolan dan biasanya kering.

Perbedaan kulit itu disebabkan karena lingkungan atau habitat mereka. Katak menghabiskan lebih banyak waktu di dalam air atau biasanya sangat dekat dengan air, sehingga kulitnya tetap lembab. Sedangkan Kodok, menghabiskan lebih banyak waktu di darat.

Berikutnya, semua kodok beracun, sedangkan katak tidak. Kodok memiliki kelenjar parotoid di belakang matanya yang mengeluarkan racun. Racun ini dikeluarkan melalui permukaan kulit mereka.

Menurut Federasi Konservasi Margasatwa New Jersey, sebagian besar racun kodok tidak berbahaya bagi manusia, tetapi Anda harus selalu mencuci tangan dengan air sabun seusai memegang kodok.

Sementara itu, perbedaan antara katak dan kodok menurut keterangan dari laman Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), kodok bertubuh lebar dan besar, kulit kering, tebal dan kasar dan kaki relatif pendek.

Kodok mudah dijumpai dimana saja. Mulai dari pemukiman warga, perkotaan, sungai dengan kondisi air yang jernih sampai dengan sangat kotor sekalipun. Bahkan dapat ditemukan hingga ketinggian tertentu.

Bisa dikatakan hewan ini mudah beradaptasi dan tahan terhadap “disturbansi” sekitarnya. Jenis kodok yang sering kita jumpai yakni Kodok buduk “Bufo melanostictus” dan Kodok puru-besar “Bufo asper”. Berbeda dengan kodok, katak bertubuh langsing dengan kulit basah atau lembab, berlendir, tipis dan halus.

Katak memiliki banyak jenis yang mendiami habitat tertentu. Misalnya Katak sawah “Fejervarya cancrivora” mendiami habitat sawah berlumpur. Ataupun Katak pohon “Polypedates leucomystax” yang mendiami batang-batang pohon tinggi.
Kerapkali juga bersembunyi dibalik kulit pohon ataupun dedaunan.

Ada pula Bangkong tuli “Limnonectes kuhlii”, kita hanya menjumpai di sela-sela bebatuan pada sungai yang bersih dan tidak tercemar di pegunungan. Dan satu lagi Katak serasah “Leptobrachium hasseltii” yang habitatnya di lantai hutan. Biasanya bersembunyi di lubang-lubang kayu yang lapuk dan serasah kering.

Kesamaan
Baik katak maupun kodok bertelur di air, tetapi Anda mungkin bisa membedakannya dari susunan telurnya. Telur katak biasanya satu massa atau cluster, sedangkan telur kodok biasanya tersusun dalam rantai.

Dan baik katak maupun kodok merupakan indikator ekosistem yang sehat, menurut Wildlife Preservation Canada. Mereka tidak dapat hidup di habitat yang tercemar dan sensitif terhadap perubahan di lingkungan mereka, sehingga keberadaan katak atau kodok merupakan tanda bahwa habitat tersebut sehat, sedangkan perubahan kehadiran mereka yang tiba-tiba dapat menunjukkan bahwa area tersebut telah tercemar atau sebaliknya tidak seimbang. .

Kesamaan lainnya adalah katak dan kodok tersebar luas di seluruh dunia, meskipun mereka tidak hidup di mana-mana. Katak hidup di setiap benua kecuali Antartika, sedangkan kodok hidup di seluruh dunia dengan pengecualian wilayah kutub, Australia, Polinesia dan Madagaskar.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan antara katak dan kodok. (Orangtuaidaman.com)

Sumber: KSDAE



SIMAK JUGA ANEKA FAUNA INI!


EKOLOGI


error: Content is protected !!