BLIND CAVE TETRA:  IKAN GESIT MESKI TAK BERMATA

FAUNA IKAN – Meski tak memiliki mata sejak lahir, ia mampu mencari makan dan menghindar dari pemangsa. 

Ikan jenis tetra ini akan segera berenang menjauh ketika merasa terancam bahaya. Ia pun mampu mengendus keberadaan pakan yang Anda suguhkan. Adanya bahaya dan pakan itu ia rasakan melalui gerakan air dan bayangan.

Ikan penghuni gua ini berasal dari perairan di Texas, Meksiko, Amerika Tengah, dan Panama. Tergolong jenis ikan yang suka damai.  Sehingga aman bila  dipelihara bersama ikan jenis lain. Tetra buta ini mampu hidup sampai 5 tahun. Ikan dewasa, panjang badannya bisa mencapai 8,5 – 9 cm.

Tertutup lemak
Umumnya, pehobi memelihara Blind Cave Tetra dalam aquascapping. Warna tubuhnya cerah sehingga terlihat kontras. Mereka suka bergerombol seperti jenis ikan aquascapping lain.

Blind Cave Tetra banyak menghuni sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua. Di sana sama sekali tidak terdapat cahaya. Itu sebabnya matanya menjadi sebuah indera yang tidak efektif. Saat masih kecil, ia memiliki mata. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, matanya tertutup lemak. Akibatnya, ikan ini cuma bisa melihat bayangan. Atau hanya mampu membedakan gelap dan terang.

Untuk mempertajam inderanya, ikan ini dikaruniai organ yang sangat peka terhadap getaran. Peranti itu terletak tepat di bagian tengah badan. Berupa deretan bintik-bintik. Berjumlah sangat banyak, memanjang dan membentuk sebuah garis.  Membujur dari belakang insang sampai pangkal ekor.

Organ yang dipenuhi saraf itu sering disebut guratsisi. Pada kebanyakan ikan, guratsisi berfungsi untuk mengetahui gerakan arus air, dan perubahan suhu. Di alam bebas, ikan buta ini senang bergerombol. Perilaku ini merupakan salahsatu cara mempertahankan diri dari musuh. Getaran air yang ditimbulkan gerakan sirip menjadi isyarat dan alat komunikasi antar sesama Blind Cave Tetra.

Cara perawatannya seperti ikan pada umumnya. Ikan bernama ilmiah Astyanax fasciatus mexicanus ini memiliki daya tahan yang bandel. Ia hidup sehat dalam air yang memiliki derajat keasaman (pH) 6 – 7,8. Suhu yang diinginkan 20 – 25ºC.

Suka pelet 
Menurut pehobi ikan, Yohan T. Mulyadi, Blind Cave Tetra termasuk jenis ikan omnivora.  Anda pun bisa menyuguhkan pakan berbahan tumbuhan maupun menu berupa daging. Misalnya cacing darah. Bila Anda menginginkan kepraktisan, Blind Cave Tetra menyukai pakan buatan atau pelet. Selain praktis, kandungan gizi pakan buatan lebih lengkap dibanding dengan pakan alami. 

Bila dipelihara dalam aquascapping, ikan ini jangan sampai telat makan.  Kalau perutnya lapar bisa membuatnya terpancing melalap tanaman aquascapping.  Blind Cave Tetra menghendaki jenis pakan melayang berukuran kecil. Disesuaikan dengan ukuran mulutnya.

Pemberian pakan disarankan periodik. Sedikit demi sedikit sampai ikan enggan makan lagi. Cara ini bisa mencegah timbunan sisa pakan di dasar akuarium. Pakan membusuk dapat menghasilkan zat beracun yang membahayakan keselamatan ikan (orangtuaidaman.com)


ANEKA SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA


error: Content is protected !!