CEDERA ANJING: SALAH LATIHAN ATAU AKIBAT BERKELAHI

FAUNA MAMALIA – Anjing jagoan bukan berarti kebal luka.  Luka sekecil apapun harus segera ditangani.  Agar tidak menjadi pintu masuk bagi bibit penyakit.

Enerjik, kuat, dan aktivitas tinggi merupakan karakter anjing karya guna.  Karena sifat itulah, anjing berpostur besar itu cocok sebagai anjing pekerja. Hal itu menyebabkan mereka kerap mengalami cedera.

Cedera bisa terjadi karena kecelakaan, cara latihan yang salah, berkelahi, bermain, tertabrak kendaraan. Atau, cedera atau cacat fisik yang bersifat genetis.  Bahkan salah menu pun bisa mengakibatkan cedera. Semisal suguhan tulang yang terlalu keras.

Cedera Akibat Latihan
Lari adalah kegiatan sangat digemari anjing. Aspal atau pijakan terlalu kasar sering membuat telapak kaki anjing menjadi terluka. Namun bukan berarti anjing harus dimanja. Betapa pun telapak kaki anjing harus dibiasakan dengan kondisi pijakan yang ada.

Telapak kaki anjing butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Kulit mati di bagian telapak kaki akan terus bertambah tebal, seiring dengan latihan rutin dan terjadwal. Semakin tebal kulit mati tersebut, kian kuat permukaan telapak kaki itu. Semakin kecil pula kemungkinan terjadi cedera telapak kaki.

Porsi latihan tepat. Tekniknya harus benar. Sebelum latihan, sebaiknya anjing diajak pemanasan selama 10 menit. Maksudnya untuk mempersiapkan otot-otot anjing dan metabolisme dalam tubuh anjing. Pemanasan yang umum dilakukan yaitu lari-lari kecil. Bila hal ini tidak dilakukan, dikhawatirkan anjing akan mengalami kejang otot.

Lama latihan harus disesuaikan dengan kemampuan anjing. Rata-rata 15–20 menit. Jeda istirahat selama 10–15 menit. Latihan sebaiknya dilakukan pada waktu cuaca redup dan sejuk. Pukul 09.00 pagi atau pukul 15.00 sore. Cuaca yang terlampau panas bisa mengakibatkan anjing menderita heat stroke.

Sarana latihan wajib diperiksa. Pilih peranti latihan yang membuat anjing merasa nyaman. Tali handler dipilih yang elatis dan tidak membuat iritasi di leher anjing. Semisal kulit, tali nilon, dan besi antikarat.

Luka Akibat Berkelahi
Anjing yang hendak “disekolahkan” perlu disosialisasikan atau diperkenalkan dengan calon teman-temannya. Menurut Frans, pelatih anjing di Cibogo, anjing tidak boleh langsung dilepas bebas bermain dengan anjing yang sudah lebih dulu masuk ke pusat pelatihan. Salah-salah anjing Anda akan berkelahi dengan calon kawannya itu. Pada umumnya anjing yang lebih senior memiliki sifat mempertahankan daerah kekuasaannya.

Meski sudah disosialisasikan, berkelahi itu wajar. Anda pun mesti siap memberikan perawatan bila terjadi luka akibat perkelahian. Caranya, rambut di sekitar luka harus digunting. Bila ditemukan benda asing, segera dibuang. Luka lalu dibersihkan dengan larutan garam atau H2O2 3%. Selebihnya, anjing akan melakukan perawatan luka sendiri dengan cara menjilatinya.

Luka gigitan atau tusukan biasanya berukuran kecil tapi dalam. Kondisi itu membuat tipe luka menjadi rawan infeksi. Tindakannya, luka segera dibersihkan  dengan larutan garam atau H2O2 3%. Anjing lalu dibawa ke dokter hewan.

Perkelahian sengit akan mengakibatkan cedera serius. Terutama apabila anjing menderita perdarahan pembuluh balik (vena) atau pembuluh nadi (arteri).

Anjing yang mengalami perdarahan pembuluh darah balik (vena) ditandai dengan keluar darah secara terus-menerus dan darah berwarna gelap atau merah tua. Sementara perdarahan pembuluh nadi (arteri) ditandai darah keluar deras dan berwarna merah cerah.

Luka seperti itu harus segera dibersihkan, ditutup dengan kasa anti lengket.  Kapas tebal digunakan sebagai penutup luka, lalu diperban secara erat. Bila luka terletak di bagian yang sukar diperban, Anda harus menekan bagian dekat luka dengan ibu jari secara lembut selama 5 menit. Jika perdarahan tidak berhenti, bawa segera anjing Anda ke dokter hewan

Jenis luka lain yang sangat sakit dan mengganggu aktivitas anjing yaitu luka di bagian kuku. Luka seperti itu sangat sulit dibersihkan. Karena posisinya yang tersembunyi. Luka pada kuku harus segera dilindungi dengan perban bebas kuman, berikan larutan PK, kemudian dibawa ke dokter hewan.

Cedera di mata anjing harus segera diobati. Bila hanya disebabkan oleh debu atau kotoran, bisa dicuci dengan larutan pencuci mata. Namun bila luka di bagian kornea, maka anjing harus segera dibawa ke dokter (orangtuaidaman.com)

Tips:
Menolong Anjing Cedera
Ketika terluka, anjing pun panik dan mudah emosi. Meski kelihatan diam bukan berarti ia akan pasrah menerima pertolongan Anda. Bisa jadi ia menyerang atau menggigit siapa saja yang mendekatinya.

Anda mesti waspada. Anjing harus diperlakukan secara lembut. Pemilik harus pandai membuat anjing menjadi percaya, bahwa Anda akan memberi pertolongan. Setelah anjing menurut, Anda disarankan memasang berangus di mulut anjing. Atau, Anda bisa mengikat mulut anjing dengan kain. Sebaiknya berhati-hati agar tidak menutup saluran pernafasan anjing. Dengan begitu Anda akan leluasa melakukan pengobatan.


ANEKA SATWA RUMAH


TAMAN & KEBUN KELUARGA


error: Content is protected !!