OBAT KUAT BURUNG KENARI DI MUSIM HUJAN

SATWA RUMAHAN – Ramuan jahe ditambah kencur bisa cegah keloyoan burung kecil anda yang diakibat sengatan hawa dingin dan gigitan nyamuk.

Saat musim hujan tiba banyak pecinta kenari was-was.  Sebab di waktu-waktu itu tak sedikit hobiis berdukacita lantaran Sang Kenari tersayang tewas.

Namun tak sedikit pula penggemar yang tetap nyantai walau hujan lebat mengguyur sepanjang hari.  Mereka tetap bisa menikmati siulan panjang burung kelahiran Pulau Canary tersebut. 
Berikut tips agar stamina kenari tetap kuat melewati musim hujan.

Stress Biang Penyakit
“Kalau kondisi burung lemah, dia menjadi mudah sakit-sakitan,” Terang Rusdi pelatih dan pengasuh burung di bilangan Bintaro.  Biasanya hal ini dialami burung stres.  Kandang kotor, cuaca ekstrim, menu pakan tak bergizi, serta lingkungan terlalu bising bisa menjadikan burung stres.

Kenari termasuk burung peka perubahan cuaca.  Udara dingin dan lembap saat musim hujan bisa membuat kenari masuk angin. Ujung-ujungnya unggas ini menjadi mudah terjangkit penyakit. 

Mencret, ND, dan digigit nyamuk adalah ragam penyakit yang banyak mewabah di musim hujan.  Menurut Rusdi, ND adalah penyakit yang berbahaya.  Jika sudah tertular, burung sulit diselamatkan.  Kalaupun bisa, burung tadi tak bisa pulih seratus persen.  Penyakit yang akrab disebutan tetelo ini mengakibatkan burung cacat.  Kepala burung akan selalu menggeleng.

Penyakit yang tak kalah bahaya yaitu mencret.  Sering hobiis salah sangka.  Dipikir, Si Kenari mencret gara-gara terlalu banyak makan sayur.  Padahal mencret bisa disebabkan  banyak faktor. 

Kuman, jamur, dan racun (biasanya pestisida) yang menempel di sayur dan pakan bisa menyebabkan burung diare.  Oleh karena itu sayur harus dicuci sebelum disuguhkan kepada Si Kenari. 

Saat musim hujan, pemberian sayur yang terlalu banyak dapat menyebabkan kenari mencret.  “Sayur tidak diberikan setiap hari.  Untuk burung yang dipersiapkan mengikuti lomba, sayur hanya dihidangkan sebanyak 3 kali seminggu.  Selebihnya buah bisa digunakan sebagai selingan,” tandas Rusdi ketika ditemui di “asrama burungnya”.

Pilek merupakan penyakit lain yang banyak dialami kenari di musim hujan.  Posisi penempatan kandang di tempat yang terkena tampias air hujan bisa memicu burung menjadi pilek. 

Selain itu cara dan waktu memandikan juga dapat mengundang penyakit.  Jika cuaca cerah kenari wajib mandi.  Cara mandi disemprot  bisa menyebabkan kenari pilek.  Sebab, kita tidak tahu apakah burung sudah siap mandi atau belum, atau burung tersebut dalam kondisi yang vit atau tidak.  Cara aman untuk memandikan kenari yaitu dengan menyediakan bak mandi (keramba).  Kenari akan mandi sendiri.

Tolak angin dan tolak nyamuk
Racikan menu pakan dengan komposisi yang pas bisa mencegah kenari masuk angin.  Godhem adalah pakan yang dapat menghangatkan kenari.  Hati-hati dalam memakainya.  Sebab jika terlau banyak bisa merusak burung.  Mabung sebelum waktunya merupakan efek pemakaian godhem yang melebihi takaran. 

Saat cuaca dingin takaran yang pas yaitu 1/10 bagian dari total bobot pakan.  Berbagai bahan seperti jahe dan kencur bisa di tambahkan.  Tujuannya untuk menghangatkan badan Si Kenari. 

Bahan lain yang dapat digunakan sebagai penghangat yaitu jahe dan kencur.  Menurut Rusdi, selain dapat menghangatkan kencur juga berfungsi sebagai bahan anti kuman.  Aturan pakainya yaitu 1,5 sampai 2 siung jahe tiap 1kilo gram pakan.  Sedangkan jumlah kencur yang diberikan cukup 3 siung saja. 

Serangan nyamuk dapat dicegah dengan jalan mengerodongi kandang.  Bahan kerodong harus bersifat elastis.  Tujuannya agar dapat terpasang secara ketat pada sangkar.  Kenari yang terlajur digigit nyamuk bisa diobati dengan ramuan jahe, serai (sreh) dan kencur.  Bahan-bahan tadi ditumbuk dan dioleskan pada bagian yang digigit nyamuk.  Obat lain yang biasa dipakai yaitu minyak tawon.

Semoga berbagai tips di atas bisa mengobati rasa was-was anda saat musim hujan.  Selamat mencoba !

INFO

Isi Kotak P3K Burung Kenari

1.  Tetra-Chlor
Berbentuk kapsul, berfungsi mengobati berak kapur, pilek ,berak hijau, batuk dan ngorok.

2.  Sulfamix
Berfungsi untuk mengobati berak kapur, berak darah, pilek, batuk dan ngorok.

3. Mycocoli
Berupa cairan, berfungsi mengobati diare, berak kapur, hidung berlendir, ngorok dan berak hijau.


SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA

error: Content is protected !!