PROBLEM PERILAKU ANJING: KASIH-SAYANG KURANG, PERILAKU MENYIMPANG

SATWA MAMALIA – Perilaku anjing tidak sewajarnya sering membuat hati jengkel.  Jangan keburu menghukum anjing kesayangan Anda.  Cari penyebabnya lalu atasi segera.

Perilaku menyimpang bisa dipicu oleh banyak hal.  Diantaranya kurang kasih sayang, sifat dasar, kurang pergaulan, bosan, kesepian, dan tertekan.  Atasi segera perilaku tak benar yang sering dilakukan oleh anjing Anda.  Jangan sampai perilaku tersebut menjadi kebiasaan yang dibawa sampai di hari tua.  Adat kebiasaan yang terlanjur mendarah-daging pada anjing sukar diubah.

Ada banyak perilaku menyimpang yang sering dilakukan anjing.  Semisal suka menyerang, sering menggali tanah, hobi melolong dan menggonggong, mengunyah-ngunyah setiap barang yang ia temui, melompat-lompat tak terkendali, lari atau menghindar setiap kali berjumpa dengan kita.

Galak Karena Tak Gaul
Menurut M. Susanti pelatih anjing dari Jakarta, banyak penyebab yang membuat anjing jadi senang menyerang.  Karakter seperti ini bisa dimiliki oleh anjing kuper alias kurang pergaulan dan anjing yang selalu menderita tekanan batin sejak kecil.

Umumnya anjing yang tidak dibiasakan bersosialisasi dan bermasyarakat akan dihinggapi sikap kuper.  Akhirnya, perilakunya pun menjadi kampungan.  Ia akan mudah curiga dan takut dengan setiap orang yang mendekat padanya.  Kalau orang tersebut tidak tanggap maka, anjing kuper tersebut pun tak segan-segan untuk segera melakukan perlawanan.  Meski orang yang ia terkam tersebut sama sekali tidak bermaksud buruk kepadanya.

Jangan terlalu sering memberikan hukuman fisik terhadap anjing.  Hal itu bisa membuat anjing jadi penakut.  Anjing seperti ini memiliki perasaan yang sangat sensitif.  Ia mudah berprasangka buruk terhadap orang di sekitarnya.  Anjing tersebut akan menganggap setiap orang yang mendekat padanya pasti akan menyakitinya.  “Dari pada kena gebug lagi, tanpa kompromi anjing pun lansung menggigit,” terang Frans suami M. M Susanti yang juga ahli mendidik anjing. 

Sikap galak juga bisa dipengaruhi oleh hormon tertentu dalam tubuh anjing.  Perangai seperti ini sering muncul pada anjing yang sedang beranak.  Sikap galaknya merupakan salah satu bentuk kasih sayang terhadap anak-anaknya.  Jadi harap maklum, sebaiknya jangan dekati dulu anjing tersebut.  Jangan sentuh anak-anaknya.  Sebab, hal itu bisa membuat sang Induk ogah menyusui bayinya.

Sikap suka menyerang bisa dicegah dengan cara mengajari anjing bersosialisasi sejak masih kecil.  Ajaklah anjing bermain atau berjalan-jalan secara rutin.  Hal ini bisa membuat dia terbiasa dengan orang lain.  Sehingga anjing Anda tak lagi kurang pergaulan.

Anjing yang sudah terlanjur galak juga masih bisa diatasi.  Anda bisa membujuknya dengan memberikan menu makanan yang lebih enak dan permainan yang lebih menarik.  Sodorkanlah barang-barang tersebut ke hadapannya secara berhati-hati.  Jangan sekali-sekali membuat gerakan yang membuat ia curiga dan terkejut.

Perilaku Kecil Bikin Jengkel
Selain tabiat yang galak dan tak ramah, masih ada beberapa perilaku anjing yang sering membuat hati dongkol.  Semisal anjing yang suka menggali tanah dan mengacak-acak sampah.  Tabiat semacam itu sering dilakukan oleh anjing yang dipelihara di halaman rumah.  Perilaku tersebut kerap kali mengakibatkan kerusakan taman serta merusak kerapian halaman.

Ada banyak alasan yang menyebabkan anjing senang menggali tanah.  Misalnya rasa bosan, kesepian dan kelaparan.  Kondisi seperti ini bisa diatasi dengan jalan sering mengajak anjing bermain atau memberinya cukup permainan.  Jangan lupa berikanlah jatah makan kepada anjing dengan porsi yang cukup.

Rasa kesal juga sering muncul lantaran barang-barang kesayangan rusak lantaran digigit dan dikunyah-kunyah anjing peliharan Anda.  Jangan cepat gusar lantas memperlakukan secara kasar anjing itu. 

Kebiasaan gemar mengunyah sering dilakukan oleh anjing muda.  Gigi-gigi barunya yang hendak tumbuh memancing hasrat anjing tersebut untuk mengunyah setiap benda yang berada di dekatnya.  Kondisi seperti ini sulit di atasi.  Anda Cuma bisa mengalihkan perhatiannya agar tidak merusak barang-barang kesayangan Anda.  Semisal dengan jalan memberi anjing itu mainan yang bisa dikunyah.  Mainan tersebut bisa dibeli dari pet shop.

Kebiasan mengunyah barang juga bisa muncul akibat perasaan kurang bahagia semasa anjing masih kecil.  Ia tidak pernah dibelikan mainan atau jarang diajak bermain oleh tuannya.  Akibatnya anjing tersebut akan mengunyah-ngunyah barang-barang di sekitarnya untuk mengusir rasa sepi dan bosan yang hinggap pada dirinya. Sebaliknya Anda juga jangan terlalu banyak membelikan mainan anjing.  Sebab hal ini bisa menyebabkan anjing jadi tidak bisa membedakan barang-barang yang seharusnya dipakai  untuk mainan dengan yang bukan. 

Anjing yang terlalu sering menggonggong dan melolong juga bisa mengurangi rasa simpati Anda terhadap anjing tersebut.  Bahkan, mungkin tetangga Anda pun akan memprotes perilaku anjing Anda itu.  Jangan khawatir! Tingkah anjing yang sedikit tak sopan itu bisa diatasi koq. 

Carilah penyebab mengapa anjing piaraan Anda menjadi senang menggonggong dan melolong.  Mungkin si Anjing sedang merasa lapar, sakit, merasa bosan atau sedang gembira.  Anda bisa menebak suasana hati sang Anjing melalui gerakan tubuh yang menyertai sewaktu ia sedang menggonggong.  Kalau ia menggonggong sambil pasang jurus siap terkam itu berarti ia sedang jengkel atau curiga.  Lolongan di tengah hari yang sepi sering manandakan bahwa anjing sedang bosan, lapar atau merasa sakit.

Anjing yang biasa bersosalisasi biasanya tak mudah curiga dan menggonggong.  Maka, sebaiknya ajarilah anjing Anda itu sedini mungkin untuk belajar bersosialisasi.  Cara seperti ini juga bisa menjauhkan anjing dari rasa bosan, dan sepi.

Seringkali hobiis anjing merasa kualahan dengan anjingnya yang tak mau disayang.  Anjing tersebut selau lari terbirit-birit sewaktu bertemu dengan tuannya.  Hal itu mungkin terjadi lantaran pemilik terlalu sering ber perilaku kasar terhadap anjingnya.  Banyak pengalaman membuktikan bahwa anjing jinak bisa berubah total menjadi liar lantaran mendapat pukulan keras dari majikannya.  Meski hanya sekali, sebuah pukulan keras bisa merubah sikap anjing menjadi antipati terhadap Anda.

Nah, makanya kalau punya anjing harus disayang (orangtuaidaman.com ).


ANEKA SATWA RUMAHAN


TAMAN & KEBUN KELUARGA


error: Content is protected !!