ANJING MOGOK MAKAN: PROBLEM SERIUS DIPICU HAL SEPELE

ORANGTUA IDAMAN – Aksi mogok makan pada anjing dipicu banyak hal.  Mengganti menu pakan bukan merupakan jalan keluar yang bijak.  Metode tersebut  sering gagal dan menyebabkan pemborosan.  Cermati penyebabnya, lantas berilah perlakuan yang tepat.

Jangan sepelekan hal kecil.  Anjing mogok makan sering dipicu oleh kesalahan-kesalahan kecil yang secara tidak sadar berulang kali kita lakukan.  Seperti halnya manusia, anjing juga punya kebiasaan makan.  Penyayang anjing yang baik akan selalu mencermati perilaku serta kebiasaan makan anjing.  Kalau tak mau repot,  jangan sekali-kali mengganggu-gugat adat kebiasaan makan anjing.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari pemicu terjadinya aksi mogok makan yang dilakukan oleh anjing.  Secara garis besar penyebab mogok makan dibedakan menjadi tiga faktor yaitu faktor yang muncul dari dalam tubuh anjing, makanan dan lingkungan.

Akibat Penyakit

Kesehatan indera erat hubungannya dengan nafsu makan anjing.  Hidung adalah indera pencium yang memiliki peran terpenting.  Sebelum menyantap sebuah hidangan,  anjing akan mengendus-endus benda tersebut lebih dulu.  Setelah itu lidah segera ia keluarkan untuk mencicipi hidangan di hadapannya.  Setelah merasa cocok, ia segera melahap habis makanan itu.

Anjing pilek umumnya akan mengalami penurunan nafsu makan.  Sebab, penciumannya terganggu.  Berbagai gangguan dalam rongga mulut juga bisa menjadi penyebab aksi mogok makan.  Ketika menginjak usia 5 bulan umumnya anjing akan mengalami pergantian gigi.  Maka tak heran jika pada usia tersebut nafsu makannya kerap kali melorot.  Luka, sariawan, dan benda asing di mulut juga bisa menjadi biang mogok makan.  Berbagai penyakit lain penyebab nafsu makan anjing melorot  yaitu  cacingan, kembung, dan mag. 

Untuk memastikan kondisi kesehatan anjing,  bawalah binatang piaraan Anda tersebut menuju klinik terdekat.  Jika hasil pemeriksaan tidak menunjukkan adanya gejala penyakit maka, bisa dipastikan bahwa biang penyebab anjing ogah makan bersumber dari faktor luar.

Pemicu dari Luar

Faktor dari luar juga bisa menjadi biang penyebab melorotnya nafsu makan anjing .  Semisal tempat tinggal baru, Perjalanan terlalu jauh, kesepian, tempat terlalu sempit yang tidak memungkinkan anjing melakukan aktifitas secara bebas, kebanyakan ngemil, terlalu dimanja, jenis pakan, dan kebiasaan makan, cuaca, pergantian wadah pakan, pemberi pakan dan tempat makan.

Mogok makan akibat perpindahan tempat merupakan hal yang lumrah.  Anjing butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.  Ajaklah anjing tersebut bermain, atau sekedar berjalan-jalan.  Melalui cara ini, anjing bisa cepat akrab dengan lingkungan barunya.

Berikan vitamin penambah nafsu makan.  Berkonsultasilah dengan dokter hewan langganan Anda.  Kembalikan gairah hidup anjing tersebut dengan jalan mengajak bermain, berolah raga, atau memberinya kawan baru.  Bagi anjing baru, segeralah perkenalkan anjing itu dengan seluruh anggota keluarga Anda dan lingkungan di sekitar.  Ajak ia bermain atau berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal Anda. 

Membawa anjing bepergian merupakan perbuatan sangat dianjurkan.  Sebab, hal tersebut bisa menghidarkan anjing dari rasa sepi di rumah.  Meski demikian, Anda harus belajar mengajak anjing bepergian dengan cara yang benar.  Jika sekiranya perjalanan yang hendak ditempuh berjarak jauh dan memakan waktu lama maka, berilah kesempatan anjing beristirahat.  Setiap 3 – 4 jam sekali carilah tempat untuk melepas rasa jenuh dan capai.  Berikan makanan dan minuman pada anjing Anda.  Bila perlu ajak menuju tempat sepi untuk pipis.

Kasih sayang berlebihan bisa menyebabkan perilaku menyimpang pada anjing.  Ketika kita makan, seringkali kita melempar santapan kepada anjing.  Hal itu sebenarnya tidak dibenarkan.  Sebab bisa mengganggu jadwal makan serta merusak kedisiplinan anjing .  Akhirnya anjing menjadi kolokan dan susah makan. 

Problem mogok makan anjing kolokan bisa diatasi dengan jalan mengatur jadwal makan.  Hentikanlah pemberian camilan.  Didik anjing tersebut supaya terbiasa berpuasa.  Acara puasa wajib dilakuan setiap seminggu sekali selama sehari penuh.  Pada waktu itu, anjing hanya diperkenankan menikmati air putih saja.

Jadwal pemberian pakan musti disesuai dengan aktifitas anjing dan agenda kegiatan Anda.  Anjing yang aktif pada siang hari sebaiknya diberi pakan pada pagi hari.  Jangan sekali-kali merubah jadwal makan secara mendadak.  Sebab, anjing yang terbiasa sarapan pagi umumnya tidak mau makan pada malam hari.

Jangan biasakan anjing Anda selalu ngemil.  Camilan bukan makanan pokok bagi anjing.  Makanan kecil ini hanya diberikan sebagai bentuk hadiah atau pujian.  Jadi hanya diberikan ketika anjing sedang dilatih atau ketika bermain dengan kita.

Perubahan jenis makanan secara mendadak juga bisa mengakibatkan anjing jadi mogok makan.  Pilih jenis makanan sesuai dengan jenis, umur anjing dan kondisi cuaca tempat tinggal Anda.  Anjing dewasa disarankan agar banyak menyantap pakan kering.  Sebab menu tersebut bisa menjaga kesehatan gigi serta membantu fungsi pencernaan.  “Pakan kering bisa membantu proses pembuangan kotoran.  Feaces anjing menjadi lebih kompak sehingga mudah dikeluarkan,”jelas Perdana di ruang kliniknya.  Sementara itu, pakan basah cocok disuguhkan bagi anjing yang tinggal di daerah bercuaca panas.

Kenali lebih dekat kebiasaan makan anjing Anda.  Pakan harus disuguhkan dalam wadah yang biasa digunakan.  Penggantian wadah juga bisa memicu anjing jadi ogah makan.  Tempat makan pun sebaiknya jangan dipindah.  Anjing yang biasa menikmati hidangan di dapur, menjadi tidak berselera ketika pakan dihidangkan di tempat lain.  Semisal di garasi, atau di kebun.  Anjing mampu menghafalkan orang yang menyuguhkan pakan.  Sehingga ia enggan menyantap hidangan yang disuguhkan oleh orang yang tidak dikenal. 

Nah, kiranya kini Anda tak perlu lagi bingung menghadapi aksi mogok makan anjing (orangtuaidaman.com).

Merubah Menu Pakan

Perubahan menu pakan mau tidak mau memang harus dialami oleh anjing.  Semisal karena perubuhan kebutuhan pakan karena faktor usia, cuaca dan kesehatan anjing.  Cara beikut akan menuntun Anda cara melakukan penggantian pakan anjing tanpa harus mejalani aksi mogok makan.

  1. Campur menu bar dengan menu lama.  Perbandingannya ¼ bagian menu baru ¾ bagian menu lama.  Terapkan perlakuan ini selama 4 – 7 hari.
  2. Pada hari ke 7 – 10 ubahlah perbandingan campuran pakan menjadi ½ bagian menu baru dan ½ bagian yang lain menu lama.
  3. Ubahlah kembali perbandingan menu pakan pada hari ke 14 – 17.  Perbadingannya ¾ bagian menu baru dan ¼ bagian menu lama.
  4. Setelah satu bulan anjing boleh menikmati 100% menu barunya.

ANEKA SATWA RUMAHAN


KEBUN & TAMAN KELUARGA

error: Content is protected !!