AROWANA SUPER RED: PILIH YANG PAMORNYA BERSINAR

ORANGTUA IDAMAN – Banyak orang tahu arowana super red itu jenis siluk termalah. Tapi mungkin tak banyak tahu bahwa arowana super red itu masih dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Apa saja jenis itu? Jenis mana yang pamornya paling bersinar?

Ada banyak jenis arowana yang bisa Anda miliki.  Namun, di antara berbagai jenis arowana tersebut, super red adalah jenis yang paling banyak diminati.  Salah satu negara pengimpor arowana super red yaitu Jepang.  Di sana harga ikan ini bisa mencapai Rp 200 juta. 

Arowana super red adalah ikan asli Indonesia.  Banyak ditemukan di Kalimantan Barat.  Tepatnya di perairan sungai Kapuas dan danau Sentarum.  Kawasan rawa adalah tempat tinggal yang nyaman bagi arowana.  Di daerah tersebut memiliki kondisi mineral, black water dan persedian pakan yang menjadi kebutuhan hidupnya berlimpah.  Kondisi itu mendukung keindahan warna sisiknya.

5 Tipe Super Red
Arowana super red masih bisa dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu Chili red, blood red, papaya red, pineapple red, dan purple red.  Dari berbagai tipe itu, Chili red adalah tipe yang paling digemari.  Soalnya, ikan ini punya warna merah lebih pekat dibanding tipe lain. 

Saat masih muda, sisik arowana super red berwarna putih.  Hanya bagian sirip-siripnya saja yang berwarna merah.  Nah, ketika usianya mulai memasuki 1 tahun atau sudah mencapai ukuran 30 – 45 cm,  warna sisik -itu berubah menjadi jingga.  Lalu, kelir merah kian pekat seiring bertambahnya umur si Aro.

Ada beberapa patokan yang bisa dipakai untuk membedakan chili red dengan blood red.  Umumnya chili red warna merahnya menyerupai cabai.  Sedangkan blood red seperti darah.  Ukuran badan chili red biasanya lebih besar bila dibanding blood red.  Hal tersebut menjadikan penampilannya nampak lebih kuat, seimbang dan sehat dari pada tipe blood red.

Selain itu chili red matanya lebih besar dan berwarna lebih merah katimbang blood red.  Kepekatan warna blood red muncul lebih cepat dibanding chili red.  Pada usia 2  hingga 3 tahun warna badan blood red sudah nampak.  Sedangkan chili red baru bisa terlihat setelah memasuki usia 4 hingga 5 tahun. 

Arowana purple red adalah tipe super red yang langka.  Keberadaanya lebih langka bila dibandingkan chili red.  Warna badanya merah dengan bagian tengah sisik berwarna biru atau ungu tua. 

Nilai arowana bisa menjadi semakin tinggi jika bentuk tubuhnya unik dan langka.  Semisal bentuk kepala arowana yang menyerupai sendok.  Hal ini seberarnya adalah kelainan.  Contoh lain yaitu susunan sisik di punggung yang lurus tak terputus dari panggal kepala hingga panggal ekor.  Arowana dengan sisik seperti itu sering dijuluki sebagai arowana Le Thiaw lung

Cermat Saat Memilih
Banyak faktor yang harus diperhatikan ketika Anda hendak memilih arowana.  Bentuk tubuh yang tidak proporsional serta adanya cacat bisa menyebabkan harga ikan ini jadi turun.  Menurut Henry breeder arowana asal Pekan baru ,  berbagai hal yang harus diperhatikan ketika memilih arowana yaitu bibir, mata, kumis, sisik, bentuk badan, dan sirip.

Sebelum memutuskan untuk membeli. Anda harus mencermati ikan mulai dari ujung kumis hingga ujung ekor.  Arowana berkualitas harus memiliki dua kumis yang utuh.  Bentuknya harus lurus atau tidak boleh melintir.  Ada kemungkinan kumis melintir merupakan akibat serangan penyakit.

Pengamatan kemudian kita arahkan ke bagian mulut.  Pilihlah arowana yang memiliki ukuran bibir yang sama panjang.  Artinya, bagian depan bibir atas dan bawah harus bertemu (rapat).  Arowana dengan ciri fisik seperti itu jarang ditemukan.  Oleh karena itu, harganya tentu lebih mahal.

Mata arowana berkualitas tidak boleh turun.  Penyakit ini diakibatkan karena faktor pemeliharaan yang tidak benar atau pun faktor keturunan.  Mata juling bisa diobati dengan jalan operasi.  Banyak kasus membuktikan bahwa arowana yang terlalu gemuk menjadi gampang terkena mata juling. 

Insang arowan yang hendak dipilih tidak boleh membuka.  Biasanya kondisi ini diakibatkan karena kondisi air yang tidak memenuhi syarat dan   serangan penyakit.  Sama seperti mata juling, insang membuka hanya bisa disembuhkan dengan jalan operasi.

Faktor berikutnya yang harus diperhatikan yaitu ukuran sisik.  Pilihlah arowana yang memiliki ukuran sisik atau ring yang besar.  Sisik harus nampak mulus, berkilau serta bebas dari serangan penyakit.

Pilihlah ikan arowana yang berbadan lebar dan tebal.  Hal itu merupakan ciri khas yang membedakan arowana super red dengan tipe arowana red yang lain.  Jadi ada kemungkinan Anda salah pilih kalau super red yang Anda miliki tidak berbadan lebar dan tebal. 

Bentuk siri ekor harus lurus dan membuka lebar.  Hindari arowana bersirip robek, walau hal itu bisa pulih kembali.  Srip ekor super red harus benar-benar berwarna merah.  Sirip dada atau dayung harus lebar dan panjang.  Secara keseluruhan, bentuk sirip-sirip yang  dimiliki harus proporsional dengan panjang dan lebar badan ikan.  Sebab ukuran yang tidak proporsional bisa mengurangi keindahan ikan.

Setelah menemukan ikan yang benar-benar super,  Anda tinggal mengukur isi kantong (orangtuaidaman.com).

Banjar Red Bukan Super Red
Banjar red tidak termasuk tipe arowana super red.  Namun demikian, ia memiliki ekor berwarna merah.  Pada sirip tersebut terdapat garis-garis berwarna merah dan hijau.  Warna badan banjar red kuning kehijauan.


ANEKA SATWA RUMAHAN


KEBUN & TAMAN KELUARGA


error: Content is protected !!